TINJU
Joshua Bingung Ambruk di Tangan Petinju Gendut, Promotor Hearn Minta Duel Ulang
03 June 2019 01:09 WIB
berita
Andy Ruiz Jr pukul TKO Joshua di ronde 7
NEW YORK - Karier Anthony Joshua dalam bahaya setelah kekalahan memalukan dari Andy Ruiz Jr di ronde ketujuh. Dia menyerahkan gelar kelas berat IBF, WBA, IBO dan WBO pada malam bencana di Madison Square Garden, New York, Minggu (2/6).

Kekalahan tersebut sangat mengejutkan. Debutnya tampil di luar Inggris berakhir tragis. Ini kekalahan pertama sang raja. Tapi empat gelar juara langsung melayang: IBF, WBA, IBO dan WBO .


Baca Juga :
- Adik Tyson Fury Kembali ke Ring Tinju
- Andy Ruiz Beberkan Rahasia! Menu Ini yang Disantap Jelang Rematch dengan Joshua




Joshua telah menetapkan dirinya sebagai kelas berat terkemuka di dunia pada 2017 setelah merampas dari Wladimir Klitschko di Wembley.

Namun kekalahan mengejutkan dari Ruiz yang kurang diunggulkan pada 25 berbanding 1 membuatnya harus membangun kembali reputasinya yang babak belur. Joshua dihempaskan ke kanvas. Empat kali dia meludahkan permen karetnya dan memegangi tali ring. 


Baca Juga :
- Tyson Fury Dihajar Otto Wallin 127 Kali, Pukulannya 56 Kali Lebih Banyak dari Deontay Wilder
- Babak Belur, Fury Dapat 47 Jahitan di Atas Mata, tapi Kemudian Minum Bir


Kekalahan TKO itu diputuskan wasit setelah Joshua mengonfirmasi bahwa dia tidak lagi bisa melanjutkan pertarungan dengan Ruiz. Alhasil, rekor kemenangan Joshua yang semula sempurna 22-0 (21 KO) kini tercoreng.

Joshua bahkan bertanya kepada penjaganya, "Kenapa saya merasa seperti ini?" selama kekalahan bencana.

Tidak ada yang memberi Ruiz peluang kelebihan berat badan. Tapi meskipun petinju Meksiko-AS itu terlihat tidak berbentuk, Ruiz mendominasi pertarungan sebelum dihentikan di ronde ketujuh. Joshua bersikeras dia akan bangkit kembali. "Ini mengesalkan, tidak terduga. Saya adalah favorit," kata Joshua.

"Satu pukulan mengenai saya dan sedikit mengguncang saya. Saya mencoba bertahan di sana beberapa ronde lagi tetapi dia lebih baik menang."

"Saya tidak meremehkan siapa pun. Dia pejuang yang baik. Dia adalah orang yang lebih baik."

Namun promotornya Eddie Hearn mengonfirmasi bahwa pertandingan ulang ada di tangan. "Ini akan menghancurkannya," kata promotornya, Eddie Hearn. "Dia akan kembali. Sekarang ke pertandingan ulang dan memenangkan pertarungan itu."

"Dia harus memenangkan pertarungan itu dan dia akan melakukan apapun yang dia bisa untuk mendapatkan kembali gelarnya."

Nasib Joshua sekarang bergantung kepada Ruiz, yang harus mempertahankan sabuk IBF dari ancaman Kubrat Pulev dalam sebuah laga wajib. Dengan begitu, Ruiz bakal menghadapi jadwal padat dalam sisa tahun ini di mana dua laga akbar masuk dalam antrean. 

Ruiz bisa saja memilih untuk melewatkan laga kontra Kubrat Pulev demi fokus menghadapi Joshua di Wembley. Apalagi, laga ulang menjanjikan pendapatan uang yang lebih besar bagi petinju bernama lengkap Andres Ponce Ruiz Jr tersebut.*
 

news
Penulis
Suryansyah
news