TOP INTERVIEW
Wawancara Unai Emery: Arsenal Mampu Adaptasi dengan Situasi
29 May 2019 12:05 WIB
berita
Unai Emery (pelatih Arsenal)/Istimewa
LONDON - Unai Emery akan menjalani final Liga Europa keempat dalam kariernya sebagai pelatih. Dalam tiga final sebelumnya bersama Sevilla FC (2013/14, 2014/15, 2015/16), Emery tidak pernah kalah. Rabu (29/5) malam nanti, Emery akan mengantarkan Arsenal FC untuk meladeni Chelsea FC, sesama wakil Liga Primer asal London, di Stadion Olimpik Baku, Azerbaijan.

Bagi Arsenal, menang di Baku bukan hanya memutus penantian 25 tahun gelar Eropa (terakhir Piala Winners 1994) tapi juga jaminan turun di Liga Champions musim depan. Seperti apa Emery menilai kekuatan Chelsea? Berikut petikan wawancaranya:


Baca Juga :
- Kapten Arsenal Diserang Fan Sendiri
- Arsenal Segera Dapatkan Pahlawan Brasil di Piala Amerika 2019




Arsenal sudah haus akan gelar....

Saya tidak pernah menjanjikan gelar saat datang. Saya mengatakan akan berusaha untuk menjadikan tim ini kompetitif. Secara sejarah dan struktur, klub ini masuk dalam 10 besar Eropa. Kami memiliki kesempatan untuk membuktikannya dengan prestasi di laga nanti.


Baca Juga :
- Koscielny Hengkang, Arsenal Sudah Siapkan Penggantinya
- Siapa Mau? Kapten Arsenal Ini Hanya Dibanderol Rp 154 Miliar


Anda menjadikan final ini sebagai langkah pertama?

Tidak hanya demi meraih gelar tapi juga sebagai kesempatan bagi klub ini berpartisipasi di Liga Champions musim depan. Terlebih kami mengetahui kualitas permainan dan tingkat fisik skuat Chelsea.

Adakah cara menghentikan Eden Hazard?

Chelsea bisa meraih kemenangan jika Hazard kembali menciptakan momentum yang menentukan. Itu yang harus kami cegah. Bagi saya, Hazard termasuk dalam lima pemain terbaik saat ini bersama Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Mohamed Salah.

Tim Anda justru kerap mengandalkan kecepatan Pierre-Emerick Aubameyang....

Ia pemain yang pintar memanfaatkan ruang, mencari celah di belakang garis pertahanan lawan, sekaligus punya naluri bagus dalam mencetak gol. Hal-hal itu berpengaruh besar dalam dasar permainan tim saya musim ini. Laga semifinal lawan Valencia CF menjadi contoh nyata para pemain mampu tampil optimal ketika kubu lawan memberi ruang untuk bergerak bebas.

Apakah hal itu satu-satunya kelebihan Arsenal?

Sebenarnya saya ingin tim ini mampu beradaptasi dengan berbagai situasi. Seperti mampu memanfaatkan keunggulan penguasaan bola atau ketika lawan bertahan secara ketat. Tim ini memiliki Mesut Oezil yang lihai mengalirkan bola dan membuat peluang. Sekaligus penyerang seperti Aubameyang. Menggabungkan kekuatan keduanya bisa mengantarkan tim ini untuk berkembang.

Pengalaman menjadi juara dengan Sevilla dapat menguntungkan Anda....

Hal tersebut memang bisa menjadi bekal bagi saya menghadapi situasi nanti. Namun, itu hanya merupakan salah satu variabel sampingan dalam pertandingan.*CR4

I
Penulis
I Gede Ardy E
news