news
INFOGRAFIS
INFOGRAFIS: Kiprah Roger Federer di Prancis Terbuka
28 May 2019 14:30 WIB
berita
Roger Federer
PARIS – Roger Federer mengawali Grand Slam Prancis Terbuka 2019 dengan meyakinkan. Tampil untuk kali pertama setelah absen dalam tiga musim terakhir, petenis asal Swiss itu menang 6-2, 6-4, 6-4 atas wakil Italia, Lorenzo Sonego, di Philippe Chatrier, Roland Garros Stadium, Paris, Minggu (26/5).

Federer tak menampik sempat gugup pada penampilan perdananya karena banyak yang menantikan kiprah petenis 37 tahun itu di Roland Garros. Sekadar mengingatkan, Federer absen di Prancis Terbuka 2016 karena cedera. Setelah itu, ia pun “cuti” di semua turnamen tanah liat demi menjaga kesehatan.




Baca Juga :
- Lukaku Bakal Bergabung jika Dybala Setuju ke MU
- INFOGRAFIS: 3 Penyerang dalam Satu Pusaran




Meski tiga musim tak tampil di lapangan tanah liat, Federer masih mampu menunjukkan ketajaman. Sebelum tampil di Paris, FedEx, julukannya, melaju hingga perempat final Madrid dan Roma Masters. Khusus di turnamen terakhir Roma, Federer memilih mundur karena mengalami cedera kaki.

“Saya sedikit gugup karena sebelumnya seperti ada tekanan dalam diri saya. Begitu banyak perhatian, akhir-akhir ini. Banyak orang ingin tahu bagaimana saya kembali. Tapi, ketika sudah mulai bertanding, saya bisa bermain dengan baik. Ini menunjukkan saya bisa bermain tanpa beban,” kata Federer.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Prediksi Persela Vs Madura United
- INFOGRAFIS: Performa Rossi di Setengah Musim MotoGP 2019


Federer pun melaju ke babak kedua, Rabu (29/5), dan bertemu wakil Jerman, Oscar Otte. Sebelumnya, ia menang atas Malek Jaziri dari Tunisia, 6-3, 6-1, 4-6, dan 6-0. “Durasi pertandingan bukan masalah dan kondisi saya baik sebelum atau setelahnya. Saya juga punya waktu istirahat yang cukup,” ujarnya.

Namun, dirinya menegaskan bukan favorit juara di Roland Garros, sebutan lain Prancis Terbuka. Ada petenis lain yang lebih difavoritkan seperti Novak Djokovic dan Rafael Nadal. “Rasanya saya tak termasuk di dalamnya. Tapi, lihat bagaimana nanti. Saya jadi unggulan ketika berlaga di Wimbledon,” kata Federer.

Kemenangan juga diraih petenis muda asal Yunani, Stefanos Tsitsipas. Pada babak pertama, dirinya mengalahkan Maximilian Marterer, 6-2, 6-2, dan 7-6 (4). Hasil ini seolah kian menegaskan Tsitsipas sebagai salah satu petenis berpotensi menyulitkan sederet nama besar yang difavoritkan meraih gelar.

Ia menunjukkan performa apik di lapangan tanah liat namun belum berbuah gelar. Petenis 20 tahun itu berhasil ke final Madrid Masters untuk menantang Djokovic. Adapun di Roma, ia mencapai semifinal tapi dikalahkan Nadal, 3-6, 4-6. “Semoga kembali menampilkan permainan terbaik,” ujar Tsitsipas.

Untuk diketahui, ini merupakan penampilan ketiga Tsitsipas di Roland Garros. Pada dua edisi sebelumnya, prestasi terbaik petenis kelahiran 12 Agustus 1998 itu hanya mencapai babak kedua. Rabu (29/5), Tsitsipas  akan menghadapi Hugo Dellien yang mengalahkan Prajnesh Gunneswaran, 6-1, 6-3, 6-1

Kvitova Mundur

Sementara di sektor putri, Petra Kvitova terpaksa absen dari Prancis Terbuka karena cedera tangan kiri. Keputusan ini diambil sesaat sebelum petenis asal Republik Ceko itu melakoni babak pertama melawan wakil Rumania, Sorana Cirstea, di Suzanne Lenglen, Senin (27/5).

“Saya sangat kecewa karena harus mengumumkan ini di Roland Garros. Saya merasakan sakit pada lengan kiri selama beberapa pekan terakhir. Berdasarkan pemeriksaan, ada keretakan dan bisa makin parah jika dipaksa bermain,” kata Kvitova yang posisinya digantikan Kaja Juvan.*MUHAMMAD RAMDAN

 

 

loading...
L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news
news