TOP FEATURE FOOTBALL
Sukses Mia lewat Winner Never Quit
28 May 2019 04:15 WIB
berita
Mia Hamm - TopSkor/Istimewa
MIA Hamm sudah dikenal sebagai salah satu pesepak bola wanita sukses. Total, 158 gol diciptakannya bagi timnas Amerika Serikat (AS). Selain gol, dia pun mampu membantu rekan setimnya dalam mendapatkan peluang. Total, 144 assist ditorehkan wanita yang kin berusia 47 tahun tersebut. Karena itu, wajar jika kemudian dia adalah salah satu pesepak bola yang paling berpengaruh di AS. Mia yang kini hidup di Los Angeles contoh bagaimana seorang atlet mampu tetap sukses meski telah pensiun.

Mia Hamm Foundation salah satu organisasi yang dibentuknya setelah gantung sepatu. Namun, organisasi ini tidak terkait dengan sepak bola melainkan sebuah organisasi sosial khususnya bergerak di bidang penyuluhan mengenai penyakit yang kerap menderita sumsum tulang ataupun urat nadi manusia. Dan, bukan sepak bola pula yang membaut Mia Hamm membangun organisasi ini melainkan sebuah peristiwa menyedihkan ketika saudara laki-lakinya, Garrett Hamm, meninggal karena menderita aplastic anemia (kerusakan pada sel darah dan sumsum tulang).




Baca Juga :
- Indra Sjafri Mantu, Berikut Doa dari Menpora
- Ali Daei Berkibar dengan Daei Sport




Kariernya di dunia sepak bola dimulai di Washington Freedom. Pada tahun 1987, ia dinobatkan pemain termuda di tim nasional AS. Sejak kecil, Mia tumbuh sebagai sosok yang tegas dan keras. Sifat ini tidak lepas dari didikan yang dibangun oleh sang ayah, Will Hamm,. Karakter keras dan tegas dari ayahnya ini pulalah yang pada akhirnya membuat Mia lebih menyukai olahraga dibandingkan dengan kegiatan atau profesi wanita pada umumnya.

Bersama keluarganya yang memang kerap berpindah karena ayahnya adalah tentara, Mia pun mengenal sepak bola justru di Italia, tepatnya di Firenze. Kariernya di sepak bola kemudian melesat hingga mampu membawa timnas AS meraih medali emas Olimpiade dan peraih gelar juara Piala Dunia Wanita. Meski demikian, Mia Hamm pun memiliki bakat dalam menulis. Kemampuan dan pengalamannya di tuangkan dalam sebuah buku dengan tema anak-anak. Baik gaya, sampul, hingga isinya pun disesuaikan untuk anak-anak.


Baca Juga :
- Johan Halls : Dari Arsenal hingga Catwalk
- Robert Fleck : Asisten Guru di Sekolah Khusus


Hamm yang juga ambassador dari FC Barcelona, menulis buku fiksi yang berjudul Winner Never Quit. Buku ini pun mendapatkan sambutan luar biasa. Apalagi, buku itu muncul bertepatan dengan momen namanya yang masih terus berkibar. “Saya ingin membagi sesuatu kepada mereka (anak-anak). Kita semua sangat menyukai cerita, terutama fiksi,” kata Mia Hamm, tersenyum.

Setelah buku tersebut, dia pun menulis buku yang lebih serius, judulnya Go For the Goal: A Champions’s Guide to Winning in Soccer and Life. Untuk buku ini, Mia Hamm pun tidak kesulitan karena ini adalah bagian dari pengalamannya dalam karier sepak bola dan membangun hidup di luar kariernya bersama keluarga.*Irfan Sudrajat
 

n
Penulis
nana sumarna