UMUM
Lalu Muhammad Zohri Turun pada 2 Nomor di Kejuaraan Dunia Atletik 2019
27 May 2019 14:39 WIB
berita
(Foto: Dokumentasi PASI)
JAKARTA - Kedutaan besar Republik Indonesia di Qatar kembali akan mendukung penuh kegiatan atlet-atlet atletik nasional saat berlaga di Qatar.  Hal itu disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Qatar Basri M. Sidehabi dalam keterangan persnya yang diterima PB PASI, senin (27/5). “Kami akan selalu mendukung penuh para pahlawan-pahlawan olahraga yang dapat mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia,” ujar Basri.  

Dukungan itu muncul setelah sebelumnya Basri menghadiri undangan dari wakil Presiden Federasi Asosiasi Atletik Dunia (IAAF)  Dahlan Al Hamad, di Doha, Qatar, ahad lalu (19/5).  Selain Basri, IAAF juga mengundang perwakilan diplomatik sejumlah Negara lainnya. 


Baca Juga :
- Lalu Zohri Raih Emas di Malaysia, Modal Menuju Olimpiade 2020
- Tangis Lalu Muhammad Zohri Ketika Gempa Guncang Lombok




Saat itu, IAAF meminta dukungan dari kalangan diplomatik untuk mendukung pelaksanaan kejuaraan dunia atletik yang akan berlangsung pada 27 september – 6 oktober 2019 mendatang. Dalam kejuaraan yang akan berlangsung di Stadion Internasional Khalifa Doha tersebut, diperkirakan ribuan atlet dari 213 negara akan ikut ambil bagian. 

Dalam sambutannya, Dahlan mengatakan bahwa kejuaraan dunia kali ini akan menjadi kesempatan bagi seluruh ekspatriat yang bekerja dan hidup di Qatar untuk menyaksikan dan mendukung atlet-atlet asal negaranya masing-masing. “Kompetisi ini di Qatar, tapi kami berharap seluruh dunia ikut merayakannya, dan menjalin kemitraan dengan masyarakat di wilayah ini,” ujar Dahlan. 


Baca Juga :
- Motivasi Jadi Kunci Prestasi Lalu Muhammad Zohri
- Bergelimang Medali, Ini Prestasi Lalu Muhammad Zohri


Dahlan juga berharap dukungan korps diplomatic untuk mendorong agar atlet-atlet negara masing masing dapat berkompetisi di kejuaraan atletik terbesar kedua di dunia ini. Indonesia sendiri berencana akan mengirimkan sejumlah atletnya, termasuk sprinter tercepat Asia Tenggara, Lalu Muhammad Zohri. “Kepada Dahlan, saya katakan, Indonesia akan ikut berpartisipasi dan mengirim atlet-atletnya,” ujar Basri. 

Selain turun di nomor 100 meter, Zohri yang sudah dipastikan lolos ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang juga akan turun bersama rekan-rekannya di nomor estafet 4 x 100 Meter.  Basri berharap, saat di Doha nanti, Zohri  kembali mencatatkan prestasi terbaiknya seperti pada kejuaraan Asia April lalu. Saat itu, Zohri berhasil memecahkan rekornas 100 M milik  Suryo Agung Wibowo dengan waktu 10,17 detik. Zohri mencatat waktu 10,13 detik atau 0,04 detik lebih baik. Catatan waktu ini kembali dipertajam Zohri pada ajang Seiko Golden GP di Osaka, 19 Mei 2019 dengan waktu 10,03 detik.

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
news