INFOGRAFIS
INFOGRAFIS: Lewis Hamilton Bakal Dominan di Monako
25 May 2019 13:40 WIB
berita
Lewis Hamilton
MONTE KARLO – Mercedes AMG Petronas diprediksi kembali mendominasi putaran keenam Formula 1 (F1) 2019 di Sirkuit Monte Karlo, Monako, Minggu (26/5). Ini setelah Lewis Hamilton menjadi yang tercepat pada Latihan Bebas (FP) 1 dan 2, Kamis (23/5).

Menariknya, hasil ini didapat satu hari setelah ia mendapat kritik lantaran tak hadir dalam konferensi pers jelang Grand Prix (GP) Monako. Hamilton dianggap tak menghormati mendiang Niki Lauda dan malah memilih berkeliling sirkuit dengan motor.


Baca Juga :
- 5 Momen Tak Terlupakan dari Grand Prix Singapura
- Hamilton Ingin Jajal Batasan Aturan Baru F1




Hasil ini menandakan W10 mengalami peningkatan karena Mercedes tak pernah bersahabat dengan Sirkuit Monte Karlo yang memiliki tikungan berkecepatan rendah. Namun, beberapa perubahan di bagian suspensi depan membuat masalah itu teratasi.

Saat ini, W10 memiliki kecepatan baik di tikungan lambat. “Memiliki mobil yang dapat diandalkan adalah impian bagi setiap pembalap yang datang ke Monako. Tujuan kami adalah mencoba melakukan sesuatu yang positif, akhir pekan ini,” kata Hamilton


Baca Juga :
- Mengejutkan! Ini Kabar Terbaru Michael Schumacher
- Verstappen Tertarik Bergabung dengan Leclerc di Ferrari


Suspensi hidrolik di bagian depan membantu W10 tetap stabil ketika melewati tikungan. Teknologi ini pernah digunakan Scuderia Ferrari Mission Winnow. Sayang, keputusan untuk tak lagi memakai teknologi ini justru menghilangkan kekuatan SF90.

“Setiap tahun kami kembali ke sini dan menjadi lebih cepat. Anda akan menyadari ketika melewati rintangan di trek. Ketika memasuki Tikungan 12, Anda ada dikecepatan tinggi dan langsung berhadapan dengan dinding pembatas. Ini luar biasa,” ujar Hamilton.

Peningkatan yang dilakukan Mercedes membuat Hamilton yakin dapat meraih kemenangan di Sirkuit Monte Karlo. Dengan strategi yang bagus dari tim akan memudahkan pembalap asal Inggris itu meraih hasil positif di Grand Prix (GP) Monako.

“Pada tahun-tahun sebelumnya, mobil terasa sulit dikendarai. Tapi, hari ini, berbeda. Cukup responsif dan menyenangkan. Anda perlu menemukan batas di trek ini dan saya merasa nyaman untuk menekan. Tapi, apa pun bisa terjadi,” ia menambahkan.

Rekan setimnya, Valtteri Bottas, berharap memiliki lomba bagus di Monako untuk memperbaiki catatan di sini. “Saya tak pernah memiliki lomba yang mengesankan di tempat ini. Target utama saya adalah mengubah itu,” ujar pembalap asal Finlandia itu.  

“Kinerja kami awal musim ini cukup menjanjikan. Tapi, kami juga menyadari bahwa trek di sini, unik. Kami harus bekerja keras karena tim lain juga ingin meraih poin di sini,” kata Bottas yang kini menempati posisi kedua klasemen pembalap dengan 105 poin.

Pria 29 tahun itu juga merasa mobilnya bisa lebih baik di Sirkuit Monte Karlo dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Kami cukup waspada karena mobil kurang bersahabat di sini dalam dua musim terakhir. Tapi, sekarang, kami termotivasi mengubah itu,” ucapnya.

Potensi Gagal

Sayang, keinginan Sebastian Vettel untuk tampil cepat di GP Monako, berpotensi gagal. Momen baik yang pernah dialami bersama Ferrari dalam beberapa musim terakhir di sini, tak tercermin dalam dua latihan bebas, Jumat (24/5).

Tahun ini, Sirkuit Monte Karlo terasa sulit bagi SF90, yang tidak memiliki kekuatan di tikungan kecepatan rendah. Namun, pembalap asal Jerman itu akan tetap bekerja keras agar meraih hasil terbaik dan menjaga posisi di klasemen.

“Kami tidak senang dengan kecepatan mobil, jadi harus bekerja keras untuk membuat perbedaan. Ini trek yang unik dan apa pun dapat terjadi, akhir pekan ini. Oleh karenanya, apa yang terjadi pada lima putaran terakhir tak otomatis berlaku,” kata Vettel.*MUHAMAD FADLI RAMADAN

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news