LIGA INGGRIS
Kekurangan Sosok Pemimpin Jadi Biang Kegagalan Chelsea
20 Mei 2019 12:35 WIB
berita
David Luiz/AFP
LONDON – Chelsea FC memang berhasil melaju ke final Liga Europa dan finis di peringkat ketiga Liga Primer 2018/19. Kendati demikian, bukan berarti The Blues telah menjalani musim yang impresif. Pencapaian serta performa tim London Barat ini tetap dianggap masih jauh dari standar dan ekspektasi.

Sepanjang musim ini, pelatih Maurizio Sarri selalu menjadi kambing hitam buruknya penampilan Chelsea. Gaya dan metode yang diterapkannya di Stamford Bridge dianggap tidak sesuai dengan tim. Sarri juga dinilai minim variasi strategi. Hal ini yang membuat banyak pihak meyakini The Blues sulit berkembang.


Baca Juga :
- Sarri Korban Teranyar Kegemaran Abramovich Mendepak Pelatih
- Chelsea Tolak Tawaran Barcelona, Willian Akan Dipertahankan




Namun ada faktor lain yang juga tak kalah penting. Menurut John Obi Mikel, Chelsea kekurangan sosok leader (pemimpin) yang berkarakter di dalam tim. Mantan gelandang The Blues tersebut menilai tidak banyak pemain punya karakter untuk menjadi figur yang dapat menginspirasi skuat Sarri.

Mungkin hanya ada beberapa yang mampu menjalani peran itu seperti Eden Hazard. Tetapi kemungkinan besar gelandang serang 28 tahun tersebut bakal hengkang ke Real Madrid CF musim panas ini. Artinya, Chelsea akan benar-benar kehilangan figur yang dapat memotivasi tim setiap kali bertanding. 


Baca Juga :
- Arsenal Segera Kontrak Bintang Masa Depan Prancis
- Meski Sudah Sempurna, Man. City Tetap Butuh Pembenahan


Beberapa pemain seperti kapten Cesar Azpilicueta dan bek tengah David Luiz dianggap memiliki kemampuan menjadi pemimpin dalam sekuat The Blues. Namun pengaruh keduanya dirasa tidak sebesar dengan yang pernah diberikan oleh pemain seperti John Terry, Frank Lampard, hingga Didier Drogba.

“Ketika saya menyaksikan Chelsea sekarang, tim diperkuat banyak pemain fantastis. Tetapi saya tidak melihat banyak yang mampu menjadi pemimpin,” kata Mikel. “Saat masih bermain, saya tahu bisa mengandalkan sosok seperti Terry, Drogba, atau Lampard. Saya pikir itu salah satu masalah mereka saat ini.”

Sebelumnya, bek tengah The Blues Antonio Ruediger pun mengakui bahwa timnya kekurangan pemain dengan karakter pemimpin. Menurut bintang asal Jerman tersebut akan sulit bagi Chelsea untuk menciptakan lagi sosok seperti Terry atau Lampard. “Tak mudah menggantikan peran mereka, tapi kami akan mencobanya,” kata Ruediger.

Sekarang Luiz dan kawan-kawan tengah mempersiapkan diri untuk melakoni laga krusial terakhir pada 2018/19. Mereka akan bertemu Arsenal FC dalam final Liga Europa di Baku, 29 Mei nanti. Ini menjadi satu-satunya kesempatan Chelsea untuk bisa meraih gelar.*

I
Penulis
I Gede Ardy E
news