LIGA 1
INFOGRAFIS: Hadapi PSM, Semen Padang Ingin Ikuti Jejak Kalteng Putra dan PSS
20 May 2019 11:19 WIB
berita
Gelandang Semen Padang Irsyad Maulana - Foto TopSkor/Husni Yamin
MAKASSAR - Semen Padang FC (SPFC) akan melakoni laga perdana Liga 1 2019 dengan bertandang ke markas PSM Makassar di Stadion Gelora Andi Mattalatta, Makassar,  Senin (20/5). Bertanding di markas Pasukan Ramang, julukan PSM, SPFC tetap percaya diri mencuri poin. Meski, PSM Makassar sedang on fire menyusul penampilan gemilangnya pada Piala Indonesia dan Piala AFC 2019.

Pelatih SPFC Syafrianto Rusli mengatakan secara taktikal, mental, dan fisik pemainnya  siap menghadapi PSM. Dirinya tidak menampik kualitas dan kekuatan calon lawannya yang secara persiapan sangat matang dan tengah semangat.


Baca Juga :
- Lima Tim Tamu Paling Berbahaya di Liga 1 2019
- Prediksi Madura United Vs Bali United




“Saya akui PSM pemainnya berkualitas nomor satu, tim kuat, dan solid. Tapi kami harus tetap optimistis dalam setiap pertandingan yang dihadapi,” kata Syafrianto.

Namun, SPFC sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Termasuk telah mempelajari penampilan PSM dan mengetahui celah kelemahan untuk ditembus.


Baca Juga :
- Permainan Tira Persikabo Tak Istimewa, PSS Turunkan 100 Persen Starter Lokal
- Demi Akhiri Paceklik, Persija Kembali Memakai Jasa Bruno Matos


SPFC pun ingin menyusul dua tim promosi lainnya, PSS Sleman yang berhasil menang 3-1 atas Arema FC dan Kalteng Putra yang menang 2-1 atas PSIS Semarang. “Ini menjadi inspirasi kami, mudah-mudahan kami bisa ikut jejak mereka dan menyajikan pertandingan menarik,” ujar Syafrianto.

Sayangnya SPFC kehilangan empat pemain andalannya. Dua pemain asing Jose Sardon dan Mario Barcia masih cedera. Gelandang lokal Rudi juga masih tahap pemulihan, dan terakhir Syaiful Indra Cahya izin karena sang istri melahirkan.

“Inilah masalah yang kami hadapi saat ini, kami bermain tidak full tim. Beruntung kami punya pemain pengganti yang kualitasnya tidak jauh berbeda. Sehingga tidak terlalu banyak mempengaruhi gaya bermain yang kami inginkan,” kata Syafrianto.

Sementara, tren PSM tengah menanjak usai menembus semifinal Piala Indonesia 2018/19 sekaligus semifinal Piala AFC 2019. Pelatih PSM Darije Kalezic mengaku bangga timnya mampu melewati beberapa laga di dua kompetisi AFC dan Piala Indonesia, kondisi para pemainnya tetap fit dan siap menghadapi Liga 1. “Hanya Ferdinand Sinaga saja yang masih pemulihan cedera,” kata Darije.

Terkait calon lawannya, Darije sudah melihat penampilan SPFC di beberapa laga, baik di Piala Presiden, Piala, dan juga dari laga uji coba yang dilakoni SPFC. “Tapi kami tidak mau terlalu sibuk memikirkan tim lain. Kami harus lebih fokus kepada tim kami sendiri, kalau sudah mencapai permainan yang diinginkan maka akan berakhir baik,” kata Darije.

Darije berharap para pemainnya dapat menjalankan tugas yang diinginkannya sehingga dapat mempertahankan tiga poin di kandang. Dirinya tidak terlalu memperdulikan, statusnya sebagai satu-satunya pelatih yang baru di Liga Indonesia dibandingkan 17 pelatih lain.

“Saya sudah hampir empat bulan di sini, dan telah memimpin tim di beberapa pertandingan, melawan SPFC kami akan menunjukkan performa terbaik kami dihadapan fans PSM,” kata Darije.* Agustian Pratama

 

 

R
Penulis
Rizki Haerullah
news