news
LIGA INGGRIS
Lepas Higuain
18 May 2019 12:15 WIB
berita
Gonzalo Higuain - TopSkor/Istimewa
LONDON - Manajemen Chelsea FC telah membuat keputusan terkait Gonzalo Higuain. Setelah final Liga Europa menghadapi Arsenal FC di Baku, Azerbaijan, 29 Mei nanti, The Blues memutuskan tidak akan memperpanjang masa peminjaman atau memermanenkan striker 31 tahun tersebut. Jika itu terjadi, Higuain praktis harus kembali ke klub pemiliknya, Juventus FC, pada bursa transfer musim panas ini. 

Higuain bergabung ke Chelsea pada Januari lalu. Kontrak peminjamannya hanya berdurasi hingga akhir 2018/19. The Blues sejatinya memiliki dua opsi. Memperpanjang peminjaman Higuain setahun lagi dengan membayar 15,7 juta paun (sekira Rp290 miliar) atau mengikatnya dengan kontrak permanen senilai 31,6 juta paun. 




Baca Juga :
- Liga Inggris Dominasi, Barcelona 9, Madrid 8 Pemain
- Fenomena Kata Kunci Streaming Liga Inggris di Mesin Pencari




Kendati begitu, tidak satu pun dari kedua opsi tersebut yang dipilih The Blues. Keputusan Chelsea yang tidak ingin mempertahankan El Pipita memang wajar. Higuain hanya mampu mencetak lima gol dalam 18 kali dimainkan di semua kompetisi. Semua gol Higuain untuk The Blues dibuat di Liga Primer. Dari 14 kali diturunkan di liga domestik tertinggi Inggris tersebut, Higuain sebenarnya hanya sekali masuk dari cadangan. 

Pelatih Chelsea Maurizio Sarri sejatinya ingin mempertahankan Higuain. Tidak heran karena Sarri-lah yang merekomendasikan Higuain ke Stamford Bridge. Sebelumnya, mereka pernah sukses bekerja sama di SSC Napoli. Tidak hanya Higuain, Sarri juga berniat memermanenkan gelandang tengah pinjaman Real Madrid, Mateo Kovacic. 


Baca Juga :
- Derbi Krusial
- Menguji Ceballos


Khusus Kovacic, statusnya bisa Yang menjadi masalah, masa depan Sarri sebagai pelatih The Blues juga tidak menentu. Finis ketiga Liga Primer yang berarti lolos ke Liga Champions musim depan, runner-up Piala Liga, dan bahkan jika mampu juara Liga Europa di Baku nanti, mungkin takkan cukup menjadi penyelamat pelatih 60 tahun asal Italia tersebut. 

Kendala lain adalah hukuman larangan membeli pemain dalam dua jendela transfer dari Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Chelsea saat ini berharap gugatan mereka di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) berujung pada pembatalan atau minimal penundaan hukuman tersebut. 

Kendati begitu, jika ingin memermanenkan Kovacic, Chelsea diyakini tidak akan menemui masalah. Gelandang Kroasia itu bisa dimiliki The Blues tanpa harus mendaftarkan ulang namanya lewat Sistem Pencocokan Transfer (TMS) milik FIFA.   

Masa depan Sarri memang berpengaruh besar bagi Higuain. Posisi Higuain memang sedang terjepit. Juventus hampir pasti tidak lagi membutuhkannya. Namun, hingga saat ini belum ada juga klub yang berminat kepada striker yang juga pernah memperkuat Madrid dan River Plate tersebut. 

Jika Higuan benar-benar pergi, Chelsea sebetulnya masih memiliki sederet striker bagus yang saat ini dipinjamkan ke klub lain. Michy Batshuayi dan Tammy Abraham, yang masing-masing bermain baik bersama Crystal Palace dan Aston Villa (Championship), bisa dipanggil pulang pada musim panas ini. Olivier Giroud kabarnya juga siap ditawari perpanjangan kontrak untuk satu musim ke depan. 

Mungkin, yang agak sulit bagi Chelsea adalah memulangkan Alvaro Morata dari Atletico Madrid. Striker asal Spanyol tersebut sudah menegaskan tidak tertarik untuk kembali ke Stamford Bridge. 

Januari lalu, Morata dipinjamkan ke Los Rojiblancos dengan durasi 18 bulan, setelah 18 bulan sebelumnya mengalami musim yang buruk di Chelsea. Padahal, ia didatangkan dari Madrid pada 2017 dengan transfer yang menjadi rekor Chelsea, 60 juta paun.*Tri Cahyo Nugroho 

loading...
n
Penulis
nana sumarna
news
news