news
LIGA SPANYOL
Tes Terakhir Barca
18 May 2019 12:06 WIB
berita
EIBAR – Setelah “mengabaikan” tim utama yang tampil di La Liga 2018/19 usai resmi jadi juara di jornada ke-35, pekan pamungkas kali ini sepertinya tak akan dilepas begitu saja oleh FC Barcelona. Mereka akan bertandang menghadapi SD Eibar, Minggu (19/5). Tim berjuluk Los Azulgrana ini akan menjadikan pertandingan di Stadion Ipurua sebagai tes terakhir.

Jika di laga-laga sebelumnya mereka tampil dengan pemain sekunder (karena mengalihkan fokus ke Liga Champions atau mendistribusikan waktu tampil ke pemain yang jarang main), kali ini pelatih Ernesto Valverde akan mencoba kembali menyusun racikan terbaiknya di starting 11. Stok yang ada saat ini sendiri memang tidak komplet akibat cedera.




Baca Juga :
- Griezmann Turun Status
- Magnet Jovic




Pertandingan lawan Eibar dimaksudkan sebagai ajang pemanasan, sebab jornada ke-38 ini bukan laga terakhir yang harus dimainkan Barca di 2018/19. Bentrokan nanti jadi persiapan akhir mereka sebelum bergelut di final Piala Raja. Tim asal Katalunya ini akan menghadapi Valencia CF di Stadion Benito Villamarin (kandang Real Betis), Sabtu (25/5).

Mereka sendiri harus menerima kenyataan ada lima pemain utamanya yang tak bisa diandalkan. Teranyar Marc-Andre Ter Stegen dikabarkan mengalami masalah pada lututnya, sehingga posisi kiper utama akan diisi Jasper Cillessen. Positifnya, semua bek yang akan mengawalnya berada dalam kondisi bugar siap memberi opsi melimpah ke pelatih.


Baca Juga :
- Goodbye Bernabeu, Momen Navas & Bale
- Rekrutan Kedua


Perpaduan Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, dan Jordi Alba yang sempat dibongkar pasang kemungkinan akan kembali dimatangkan kembali saat lawan Los Armeros, julukan Eibar. Permasalahannya adalah pada lini tengah dan depan, sebab Arthur Melo, Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, dan Luis Suarez masih dibekap cedera.

Khusus untuk Rafinha Alcantara, ia memang sudah cedera sejak lama dan secara tak langsung sudah “dipinggirkan”. Akibat krisis ini, Valverde mungkin akan kembali mengandalkan 4-4-2, formasi favoritnya yang dituntut untuk diubah ke 4-3-3 bersama Barca. Sergi Roberto akan didorong ke tengah dan di depan Lionel Messi bakal ditemani Malcom de Oliveira.

Khusus untuk Messi, sang bintang kini telah kembali menunjukkan aura positifnya. Penyerang berjuluk La Pulga (si Kutu) ini telah kembali tersenyum setelah dianugerahi Creu de Sant Jordi, Jumat (17/5). Itu adalah penghargaan yang ditujukan untuk  individu maupun institusi yang telah mengabdi bagi Katalunya dan menjaga identitas daerah tersebut.

Rekor Jarak
Jika nantinya mampu meraih tiga poin atas Eibar, Barca bisa mencatatkan rekor jarak poin terbesar dengan rival abadinya Real Madrid. Kekalahan yang dirasakan tim ibu kota dari Real Sociedad di jornada sebelumnya memberi celah bagi tim asal Katalan ini untuk bisa finis melampaui pencapaian yang dicatatkan pada 1984/85 dan 2017/18 lalu.

Gap terbesar yang sebelumnya dicatatkan di dua periode tersebut adalah 17 poin. Hebatnya lagi pada La Liga 1984/85, satu kemenangan masih bernilai dua poin. Jarak poin yang ada saat ini adalah 18 dan bukan tidak mungkin bisa bertambah bahkan hingga kepala dua; 21 poin jika Madrid kalah dari Real Betis, atau 20 andai laga berakhir imbang.*Taufani Rahmanda


SD EIBAR (4-2-3-1)
1 Dmitrovic
16 De Blasis
6 Alvarez
4 Ramis
15 Angel
5 Escalante
24 Jordan
21 Leon
14 Orellana
20 Cucurella
9 Enrich
Cadangan: 13 Sivera, 15 Navarro, 2 Vigaray, 20 Brasanac, 22 Wakaso, 9 Rolan, 18 Baston;
Pelatih: Jose Luis Mendilibar

FC BARCELONA (4-4-2)
13 Cillessen
2 Semedo
3 Pique
15 Lenglet
18 Alba
20 Roberto
5 Busquets
4 Rakitic
22 Vidal
10 Messi
14 Malcom
Cadangan: 30 Pena, 23 Umtiti, 6 Todibo, 21 Alena, 28 Puig, 29 Ruiz, 19 Boateng;
Pelatih: Ernesto Valverde

Pertemuan Terakhir
13/01/19    La Liga    Barcelona 3-0 SD Eibar
17/02/18    La Liga    SD Eibar 0-2 Barcelona
Stadion            : Ipurua
Wasit            : Jose Munuera
Prediksi TopSkor    : 45-55
 

loading...
n
Penulis
nana sumarna
news
news