LIGA 1
Jadwal Padat dan Lawan Berat Menanti PSM Selama Juni
16 Mei 2019 11:13 WIB
berita
Kapten PSM Wiullem Jan Pluim - TopSkor/Ady Sesotya
MAKASSAR – PSM mendapat lawan selevel pada babak semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019. Tim asuhan Darije Kalezic itu dipastikan bertemu Becamex Binh Duong, setelah wakil Vietnam ini menaklukkan Ceres Negros dengan skor 1-0, Rabu (15/5).

Berkat kemenangan ini, Becamex menjadi runner-up Grup G. Meski begitu, Tampines tetap lolos ke babak semifinal zona Asia Tenggara dengan status runner-up terbaik. Ini karena selisih gol Becamex lebih baik dari Tampines Rovers, yakni plus delapan.


Baca Juga :
- Jelang hadapi PSM, Perseru Badak Lampung Perkuat Sektor Ini
- Pelatih Semen Padang Waspadai Lini Tengah PSS Sleman




Menilik penampilan Bexamex dalam enam laga Piala AFC kali ini, sejatinya tidak begitu mentereng. Tim asuhan Nguyen Thanh Sonm itu membukukan empat kemenangan, sekali kalah, dan sekali imbang.

Dalam kompetisi Liga 1 Vietnam, Nguyen Anh Duc dan kawan-kawan tercecer di peringkat kesembilan. Dari sembilan pertandingan musim ini, Becamex hanya membukukan tiga kemenangan, dua kali imbang, dan empat kali kalah.


Baca Juga :
- Jafri Sastrak Siapkan Antiserangan Balik Persija, Escobar Siap Menggelegar
- Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2019, Rabu 22 Mei


Yang menarik, Becamex yang membuat Persija, wakil Indonesia lainnya di Piala AFC 2019, tak lolos fase grup. Dalam laga tandang di Stadion Gelora Bung Karno Persija ditahan imbang, sedang dalam laga kandang dipulas dengan skor 3-1.

CEO PSM Munafri Arifuddin menyambut positif hasil ini. Menurut Appi, sapaan akrabnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari lawan. Ia hanya ingin Kalezic beserta tim asuhannya terus meningkatkan performa permainan.

“Semua tim pada putaran berikutnya harusnya lebih kuat dari sebelumnya. Jadi di dalam penyisihan dan yang lolos itu berarti tim yang sudah terseleksi. Artinya kami harus lebih waspada terhadap lawan kami ini,” kata Appi kepada TopSkor.

Persoalannya, Pasukan Ramang akan melakoni jadwal padat selama Juni. Selain menjalani dua laga melawan Becamex pada 19 dan 26 Juni, PSM akan melawan Persipura pada 16 Juni, menjamu Arema pada 21 Juni, dan Madura United pada 28 Juni.

Melihat lawan yang akan dihadapi dalam kompetisi dan Piala AFC, kiranya PSM harus menyiapkan strategi rotasi atau bahkan yang paling pahit menentukan skala prioritas. Dengan waktu antar pertandingan yang mepet, Kalezic harus jeli. 

“Kami tidak boleh menganggap tim yang lolos ini perkasa, kami juga sekuat yang apa mereka dugakan kepada kami. Semoga setelah ini kami tetap mendapatkan hasil terbaik, karena target kami adalah juara zona Asia Tenggara,” ucap Appi.

Untuk pertandingan semifinal zona Asia Tenggara Piala AFC ini, PSM berencana menggunakan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Namun, hal ini belum dipastikan. Manajemen PSM akan coba mengajukan nominasinya ke AFC.*  Sumargo Pangestu

Jadwal Laga PSM pada Juni

  • 16/6/2019    Persipura vs PSM
  • 19/6/2019    Becamex BD vs PSM
  • 21/6/2019    PSM vs Arema FC
  • 26/6/2019    PSM vs Becamex BD
  • 30/6/2019    Madura United vs PSM
news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news