LIGA SPANYOL
Kontraknya Berakhir 2021, tapi Madrid Lepas Navas Lebih Cepat
15 May 2019 13:15 WIB
berita
Keylor Navas - TopSkor/Istimewa
MADRID – Asa Keylor Navas yang sempat meredup menyala kembali begitu Zinedine Zidane melatih Real Madrid, 11 Maret lalu. Penderitaannya selama era Julen Lopetegui dan Santiago Solari berakhir saat juru taktik asal Prancis itu kembali menempatkannya sebagai kiper utama. Namun dua bulan berlalu, Navas harus mendapati kenyataan pahit: klub akan melepasnya. 

Zidane telah bicara dengan kiper asal Kosta Rika itu bahwa Thibaut Courtois yang akan menjadi kiper utama untuk 2019/10, Jumat (10/5) siang. Kabar tersebut disampaikan oleh orang terdekat Navas kepada sejumlah media Spanyol. Itu mengapa, dalam dua pertandingan terakhir Madrid, kiper asal Belgia itu yang selalu diturunkan Zidane.


Baca Juga :
- Bale dan James Masuk Skuat Madrid Kontra Celta Vigo
- Hazard Absen Kontra Celta Vigo, Begini Tiga Skenario Formasi Madrid




Klub sadar Courtois adalah penjaga gawang ideal Madrid dalam beberapa musim ke depan. Atas dasar itu klub ibu kota memboyongnya dari Chelsea FC dengan harga 35 juta euro (sekitar Rp567 miliar), Juni lalu. Usianya baru 27 tahun Sabtu lalu, dan kiper Terbaik Piala Dunia 2018 bisa memberikan lebih banyak harapan ketimbang Navas.

Navas hanya tampil starter  sembilan kali musim ini di La Liga sementara Courtois sudah 35 kali (27 di La Liga) sejak dikontrak enam musim. Namun, sepak terjang kiper berpostur 199 cm dan berat 96 kg itu sempat terhenti sejak kedatangan Zidane yang punya kepercayaan tinggi terhadap Navas.


Baca Juga :
- Zidane Tak Tertarik Van de Beek, Tetap Ngotot Minta Paul Pogba
- Wesley Sneijder Umumkan Pensiun Sebagai Pemain Sepak Bola


Kontrak Navas sendiri akan berakhir 2021 setelah memperpanjangnya pada Januari 2019. Saat itu dia mengakui ingin bertahan di Madrid tapi jika tidak lagi menjadi pilihan utama, Navas siap pergi. Sejumlah klub Liga Primer seperti Manchester United (MU), juga Paris Saint Germain (PSG), dan FC Porto dikaitkan dengannya. 

Namun, beberapa sumber menyatakan bahwa dengan gaji sebesar 5 juta euro per musim yang didapatnya di Madrid akan sulit mencari klub yang mau menampungnya. Apalagi, Navas tidak berkeinginan menurunkan pendapatannya tersebut. Nilai jual pemain 32 tahun itu sendiri kini hanya 12 juta euro. 

Di luar pelepasan Navas,  kini justru ada masalah baru yang dihadapi Zidane. Klub ternyata lebih menyukai menarik kembali Andriy Lunin dari masa peminjamannya di CD Leganes. Berbekal jam terbang semusim di La Liga, kiper 20 tahun asal Ukraina itu akan menjadi pelapis Courtois.  

Rencana inilah yang ditentang Zidane. Entrenador 46 tahun itu menginginkan putranya, Luca, yang menjadi kiper nomor 2 di Madrid. Pemain 21 tahun itu memainkan debutnya bersama tim senior di laga pekan terakhir musim lalu di Stadion de la Ceramica, saat menghadapi Villarreal. 

Musim ini, dalam hirarki tim, Luca menempati posisi kiper keempat. Dia telah tampil secara reguler bersama tim Castilla di divisi bawah ketiga. Dia naik kelas ke kiper pilihan ketiga begitu Kiko Casilla pergi dan bergabung dengan Leeds United. Zidane lalu memainkannya sebagai starter saat melawan SD Huesca di Bernabeu, Maret lalu.* Dini Wulandari/CR5

n
Penulis
nana sumarna
news