LIGA INTERNASIONAL
INFOGRAFIS: PSM Perompak Ulung yang Positif
14 Mei 2019 11:03 WIB
berita
VIENTIANE – Bagi PSM, sudah tidak ada lagi istilah skala prioritas. Memasuki Mei ini, semua pertandingan sama pentingnya, termasuk pertandingan Piala AFC 2019, melawan Lao Toyota, di Stadion Nasional Laos Baru, Selasa (14/5) malam ini. Ibarat perompak, Juku Eja ingin meraup semua harta (poin) dari setiap perburuan.

Dalam lima laga ajang kontinental ini, tim asuhan Darije Kalezic itu belum pernah kehilangan poin. Hal ini akan dilanjutkan, walau hasil pertandingan ini sudah tak menentukan lagi, sebab PSM sudah pasti melaju ke babak semifinal zona Asia Tenggara dengan status juara Grup H.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Henrikh Mkhitaryan Tidak Bisa Main di Final Liga Europa
- Ditolak Persija, Disisihkan Rene di PSM, Kini Jadi Andalan Persib




Bahkan, tidak disertakannya Eero Markkanen, Willem Jan Pluim, Muhammad Rahmat, Zulham Zamrun, juga Rizki Sanjaya Pellu, dianggap bukan halangan. Bayu Gatra, Guy Junior, hingga Marc Anthony Klok, bakal tampil garang layaknya kesatria maritim. Bahkan, status pertandingan tandang, diyakini tak akan jadi penghalang.

Pada pertemuan pertama menghadapi Lao Toyota, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, PSM unggul dengan skor 7-3. Ketika itu, seandainya Rivky Mokodompit dan kawan-kawan tampil penuh respek atau tidak meremehkan lawan, skor lebih besar bisa tercipta, bahkan bisa saja tidak kebobolan.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Total Football Modern Milik Robert Alberts di Persib
- INFOGRAFIS: Prediksi Borneo FC Vs Arema FC


Persoal persepsi akan pertandingan ini pun langsung menjadi perhatian. Hasilnya, segenap pemain Pasukan Ramang tak lagi bermain-main meski sudah unggul. Persepsi seperti ini diharapkan Kalezic tetap melekat di hati pemain. Kalezic layak waspada, sebab pertandingan ini sudah tidak menentukan.

“Ini pertandingan terakhir kami dalam peyisihan grup Piala AFC. Kami merasa tertantang untuk menyelesaikan babak ini dengan hasil yang sangat baik. Pemain kami memang sedikit berbeda, tapi saya yakin mereka bisa bermain bagus besok (hari ini),” kata Kalezic dalam sesi jumpa pers sebelum laga, di Laos, Senin (13/5) siang.

Dalam laga ini, pemain paling senior PSM Zulkifli Syukur kemungkinan tampil. Dalam lima laga sebelumnya, mantan bek kanan timnas Indonesia ini absen karena cedera. Kehadiran Zulkifli diharapkan bisa menjadi motor permainan, sekaligus pengingat pemain lainnya agar tampil penuh determinasi.

“Pada pertemuan pertama kami menang dengan skor yang telak, 7-2. Tapi kami yakin mereka tidak ingin kalah di kandang. Dari pertadingan yang saya lihat, Lao Toyota lebih suka mengandalkan serangan balik yang cepat. Jadi tak ada alasan bagi kami untuk tampil setengah hati,” kata Zulkifli.

Soal komposisi tim yang “hanya pelapis” Zulkifli tak sepakat. Baginya, setiap pemain punya peran tersendiri dalam skema permainan tim. “Memang ada sedikit perbedaan skuat, tapi ini bukan masalah. Sebaliknya jadi motivasi, karena kami sudah sangat siap dan ingin menutup partai terakhir ini dengan kemenangan,” ujarnya.

Sementara itu, Lao Toyota ingin mengakhir penampilan mereka dalam ajang Piala AFC 2019 ini dengan bumbu sedikit manis. Status sebagai juru kunci dan belum pernah menang ingin diperbaiki. Posisi juru kunci sudah tak bisa berubah, namun satu kemenangan jadi hasrat. Ini sebagai pelipur lara bagi fan klub.

Pelatih Lao Toyota asal Jepang Jun Fukuda, mengisyaratkan tim asuhannya bakal tampil habis-habisan. “Sejak awal bertanding, kami berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Tidak hanya untuk tim kami saja, ini juga kami berharap untuk meningkatkan sepak bola Laos. Semoga kali ini kami bisa meraih itu,” kata Fukuda.*** Sumargo Pangestu 

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news