news
LIGA ITALIA
Roma Belum Menyerah, Tiket Liga Champions Masih Bisa
14 May 2019 12:49 WIB
berita
Alessandro Florenzi (kanan) - TopSkor/Istimewa
ROMA – Belum ada kata menyerah dari AS Roma. Pasukan I Giallorossi terus menjaga peluang ke Liga Champions lewat rangkaian performa apik. Terakhir, Minggu (12/5) malam, tim asuhan Claudio Ranieri mampu membungkam juara bertahan Juventus FC dua gol tanpa balas di Stadio Olimpico. Hasil itu memperpanjang catatan tak terkalahkan Roma di Seri A menjadi tujuh pertandingan.

Empat kemenangan dan tiga hasil seri membawa Alessandro Florenzi dan kawan-kawan stabil di peringkat keenam klasemen sementara, hanya terpaut tiga poin dari Atalanta BC yang menghuni tempat terakhir zona Liga Champions. Tiga angka terasa lebih istimewa karena diperoleh dari Juve, tim yang musim ini begitu sulit dikalahkan.




Baca Juga :
- Tahan Inter Milan, Fonseca: Roma Butuh Penyerang Tajam
- Inter vs Roma: Dzeko Masih Demam, Begini Prakiraan Susunan Pemain




Mungkin ada faktor kelengahan dari Si Nyonya Tua setelah memastikan scudetto kedelapan beruntun, beberapa pekan lalu. Namun, itu tak menghapus perjuangan hebat dari para serigala Roma. Dari lini belakang hingga depan, semua tampil solid. Antonio Mirante membuktikan bahwa dirinya pantas dipercaya sebagai kiper utama, menggeser Robin Olsen. Berkat sederet penyelamatan gemilang, penjaga gawang 35 tahun itu mampu menghindarkan Roma dari ancaman.

Pasangan Kostas Manolas-Federico Fazio juga sangat disiplin membatasi pergerakan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan, menginspirasi clean sheet keempat dalam tujuh laga. Perubahan formasi jadi 4-3-3 yang diterapkan Ranieri membuat Roma tampil seimbang dengan Juve di lapangan. Trio Nicolo Zaniolo, Steven N’Zonzi, dan Lorenzo Pellegrini tidak gugup saat berhadapan dengan para gelandang I Bianconeri yang dikomando Miralem Pjanic.


Baca Juga :
- Tidak Jadi ke Inter, Dzeko Kini Bisa Hentikan Laju Inter
- Semakin Memuaskan, Agen Smalling Terbang ke Roma, Ingin Bicarakan Transfer Permanen


Satu-satunya kekhawatiran mungkin cedera yang dialami Pellegrini di babak kedua, membuat pemuda 22 tahun itu diragukan tampil dalam dua pertandingan sisa melawan US Sassuolo dan Parma Calcio. Di lini depan, performa spesial diperlihatkan Edin Dzeko. Dia mengirim umpan cermat buat gol pembuka Florenzi, sebelum menutup kemenangan Roma pada injury time. Rapor bomber asal Bosnia & Herzegovina itu memang tengah menanjak. Dalam lima penampilan terakhir di Seri A, Dzeko mampu menyumbang dua gol dan tiga assist.

“Saya sangat puas dengan permainan kami. Ada beberapa kesalahan, terutama pada awal laga, tapi para pemain mampu memperbaikinya setelah jeda,” ujar Ranieri. “Peluang lolos ke Liga Champions masih terbuka. Bukan hanya tergantung kami, tapi setidaknya perlu usaha maksimal sampai pertandingan pamungkas. Saya yakin dengan kemampuan tim.”

Mengenai masa depannya, Ranieri tak mau berbicara banyak. Yang pasti, pelatih gaek itu takkan melanjutkan karier di Roma. Dia sempat juga ditawari jabatan direktur oleh klub, tapi menolak. “Saya masih ingin melatih, berada di pinggir lapangan, menerima kritik dan pujian. Saya akan mencari pengalaman baru. Roma tahu apa yang dibutuhkan, dan saya yakin mereka bisa mengambil keputusan tepat pada musim panas nanti.”

Allegri Belum Pasti
Juve menelan kekalahan ketiga di Seri A musim ini, namun pembicaraan justru lebih fokus terhadap kelanjutan karier Massimiliano Allegri. Belakangan ada rumor yang menyebutkan sang pelatih bakal didepak dan digantikan oleh Antonio Conte. Namun, Allegri justru mengungkap dirinya sudah menyusun rencana baru buat Juve musim depan.

“Sejak Oktober, saya telah memiliki ide tentang apa yang harus dilakukan,” ujarnya. “Tak bisa dipungkiri bahwa tantangan akan semakin berat, jadi kami juga harus berbenah. Selain mendatangkan beberapa pemain baru, tim juga harus belajar beradaptasi. Saya tidak akan campur tangan soal mercato karena klub tahu apa yang mereka lakukan. Kami hanya harus fokus membangun skuat. Kontrak? Seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada evaluasi bersama para pemimpin.”*Dari Berbagai Sumber


 

loading...
n
Penulis
nana sumarna
news
news