LIGA 1
Fakta Kandang Persija: Kembali Bermarkas di GBK, Bisakah Pertahankan Gelar Juara Liga 1
11 May 2019 14:18 WIB
berita
Stadion Utama Gelora Bung Karno dilihat dari atas - TopSkor/Jessica Margaretha
JAKARTA – Setelah sekian musim jadi musafir, Persija akhirnya bisa kembali tampil di Jakarta, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Musim lalu, sebagai contoh, Persija hanya lima kali tampil di stadion berkapasitas 77.193 tempat duduk itu. Sedangkan pada 2017 nihil dan pada 2016 hanya tiga kali.

Kepastian soal kembali tampil di GBK, diumumkan CEO Persija Ferry Paulus pada Jumat (10/5) siang. Ditemui di Gedung Kemenpora, seusai penandatanganan fakta integritas suporter, Ferry mengatakan, dari 17 laga kandang musim ini, hanya sekali saja Persija dipastikan tidak bertanding di Jakarta.


Baca Juga :
- Galeri Foto Persija Vs Bali United, Sore yang Menyedihkan
- Adios Banuelos




“Sebagian besar di GBK, selain itu di Stadion Patriot. PPKGBK sudah oke 16 pertandingan. Satu pertandingan di Patriot karena berbenturan dengan perayaan Hari Raya Natal. Selebihnya oke. Ada juga satu laga, GBK sudah disewa apa gitu di bulan September, tapi masih bisa disiasati loading-nya," kata Ferry.

Situasi ini membuat asa Macan Kemayoran mempertahankan gelar juara Liga 1 semakin terbuka. Namun, tantangannya, belakangan ini performa Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan setiap tampil di GBK, melempem. Dalam empat laga kandang Piala AFC di GBK sejak 2018 lalu, tak ada kemenangan yang dibukukan.


Baca Juga :
- Masih Ada 15 Laga Lagi, Tetapi Bali United Sudah di Atas Angin
- Update Klasemen Liga 1 2019, Kamis Malam


Itu dalam ajang kontinental. Untuk ajang dalam Negeri, utamanya dalam kompetisi, Persija dominan membukukan kemenangan. Hal inilah yang membangkitkan optimisme tim menjelang Liga 1 2019. Apalagi, Persija sudah mendapatkan kembali mesin golnya yang sempat ditahan di Australia, Marko Simic.

Pria Kroasia ini pun telah berlatih bersama tim di Lapangan PS TNI AU Halim Perdanakusuma, Jumat (10/5) malam. Dalam latihan perdananya, setelah 82 hari terkatung-katung di Australia, pengembalian kondisi fisik jadi fokus. Simic diharapkan bisa main saat menghadapi Barito Putera, 20 Mei mendatang.

Striker 31 tahun itu setidaknya punya waktu dua pekan untuk mengembalikan sentuhan dan kondisi fisiknya. Selama berada di Negeri Kanguru, Simic mengaku tetap menjaga kebugarannya dengan berlatih di gym. Bahkan, ia dipandu salah seorang rekannya untuk menjaga sentuhannya dengan bola di lapangan mini.

“Saya lihat Simic tidak mengalami perbedaan secara fisik. Bahkan, kondisinya hampir setara dengan pemain lainnya. Tidak ada latihan khusus untuk Simic. Tapi kemungkinan ia harus cepat kembali untuk menyatukan chemistry, taktikal, dan mindset bermain,” kata Sansan Susanpur, pelatih fisik Persija.

Musim ini, Simic baru tampil sebanyak empat kali. Terakhir kali ia tampil saat melawan Newcastle Jets dalam babak eliminasi Liga Champions Asia, 12 Februari lalu. “Saya sangat senang hari ini. Seperti terlahir kembali. Saya kembali ke sepak bola dan saya sudah siap sejak lama,” kata Simic.

Sementara itu, kepastian bermain di GBK disambut positif. Menurut Riko Simanjuntak, ini sebuah keuntungan. “Pastinya ini menambah semangat kami untuk mempertahankan gelar juara. Semoga dengan sering main di GBK kami bisa lebih maksimal untuk mengamankan kemenangan,” kata Riko.

Sedangkan Bruno Matos, mengaku selalu bergairah ketika bermain di GBK. Ia berhasrat untuk mencetak lebih banyak gol di stadion yang baru direnovasi untuk Asian Games 2018 tersebut. “Selalu luar biasa bermain di GBK. Saya tidak sabar untuk kembali bermain dan mencetak gol,” ujar Matos.*** Furqon Al Fauzi 

Hasil Tampil di GBK

           Edisi               Main   Hasil*

  • 2018               5          3-1-1
  • 2017               -           -
  • 2016               3          3-0-0
  • 2015               -           -
  • 2014               10        6-3-1
  • 2013               11        5-2-3
Keterangan:

Hasil laga dalam kompetisi resmi dengan urutan menang, imbang, kalah.

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news