UMUM
Laga Piala AFC Mepet Liga 1 2019, Kalezic Siapkan Komposisi Kejutan
10 May 2019 14:21 WIB
berita
Pemain PSM Makassar melakukan persiapan sebelum tandang ke Loas - TopSkor/Ady Sesotya
MAKASSAR – Darije Kalezic, pelatih PSM Makassar, tak ingin timnya ngos-ngosan. Mengingat pertandingan Liga 1 2109 segera bergulir, laga terakhir babak grup Piala AFC 2019, hanya akan dijadikan sarana menambah jam terbang pemain. Ini karena PSM sudah dipastikan menjadi juara Grup H Piala AFC 2019.  

Pada Selasa (14/5) mendatang, Juku Eja akan menghadapi klub Laos Lao Toyota di Stadion Nasional Laos Baru. Enam hari setelahnya, yakni pada 20 Mei, PSM akan menjamu Semen Padang FC dalam laga pertama Liga 1 2019. Pertandingan ini rencananya digelar di Stadion Mattoangin.


Baca Juga :
- Sisa Sembilan Laga, Milo Optimis Arema ke Tiga Besar Papan Atas
- PSS Sleman Jalani Pekan Melelahkan Tanpa Gelandang Andalan, Brian Ferreira




Kalezic mengatakan, komposisi utama tim akan dirombak untuk Piala AFC. Tidak seluruhnya. Kemungkinannya 60 persen berdanding 40 persen. Intinya, pelatih kelahiran Swiss itu ingin menjaga rekor tak terkalahkan. Laga ini kemungkinan menjadi simulasi penguatan sisi pertahanan.

Dari lima pertandingan Piala AFC, Pasukan Ramang menjadi salah satu klub tersubur dengan koleksi 18 gol. Namun, sisi pertahan PSM juga cukup rapuh, dengan delapan kali dibobol lawan. “Akan ada perubahan pemain nanti. Beberapa pemain akan saya istirahatkan,” kata Kalezic, Kamis (9/5).


Baca Juga :
- Lawan Lebih Superior, Persebaya Waspadai Tiga Penyerang Tira Persikabo
- Lini Belakang Rapuh, Persebaya Rata-rata Kebobolan Dua Gol per Laga


Terkait pemain yang akan dibawa melawan Lao Toyota, Kalezic berencana membawa 18 pemain. Hanya saja, dirinya belum dapat memublikasikan siapa-siapa saja pemain yang akan dibawa. PSM bakal bertolak dari Makassar menuju kota Viantiane pada Minggu (12/5) atau dua hari sebelum pertandingan. 

“Saya sudah tahu siapa-siapa saja yang akan saya bawa nanti,” katanya. Berdasarkan keterangan Media Officer PSM Sulaiman Karim, nama-nama pemain akan diumumkan pada Sabtu (11/5) atau paling cepat Jumat (10/5). Yang pasti, dalam daftar tandang ini, tidak akan ada nama Ferdinand Sinaga.

Penyerang sayap yang baru mengoleksi satu gol dalam ajang kontinental ini masih dibekap cedera. “Ferdinand Sinaga kemungkinan besar baru pulih dari cedera dua pekan ke depan. Sehingga, dia tidak akan memperkuat PSM melawan Lao Toyota nanti," kata Kalezic menjelaskan.

Kalezic mengaku tak ingin mengambil risiko dengan memaksakan Ferdinand tampil. Baginya, perjalanan kompetisi musim ini masih panjang, sehingga kebugaran dan kondisi pemain harus benar-benar fit saat bertanding. “Setelah pulih, dia baru bisa bergabung latihan bersama tim,” ucapnya.

Dalam agenda pramusim dan Piala AFC, Ferdinand sudah absen tampil dalam enam kesempatan. Eks penyerang Persib itu terakhir kali tampil saat menjamu Lao Totota di Stadion Pakansari, Bogor, 13 Maret lalu. Dalam laga yang berakhir 7-3 itu, Ferdinand menyumbang satu gol.* Agustian Pratama 

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news