TOP OPINI FOOTBALL
Messi, Korban atau Penyebab
09 Mei 2019 04:05 WIB
berita
Lionel Messi - TopSkor/Istimewa
DI luar dari gemerlapnya sukses Liverpool, ada alien di tengah lapangan Anfield. Lionel Messi adalah alien dan kali ini dia benar-benar seperti mahluk asing. Bukan hanya di ajang Liga Champions melainkan di sepak bola. Musim ini di Liga Champions, Messi telah menorehkan 12 gol, tapi Barcelona tidak menemukannya di Stadion Anfield. Messi pun menjadi perdebatan setelah lawan The Reds. Apakah dia hanya korban dari penampilan buruk rekan setimnya atau justru tokoh yang membuat kesalahan?

Leo, sejak awal musim ini telah menempatkan satu target besar: sebuah trofi indah harus diraih dan trofi itu adalah Liga Champions. Leo juga sudah mengingatkan bahwa insiden menghadapi AS Roma pada musim lalu tidak boleh lagi terulang musim ini. Namun, kenyataannya, itu terulang lagi bahkan lebih menyakitkan. Barcelona, untuk kali kedua secara beruntun dalam dua musim terakhir, bertekuk lutut dengan cara yang sangat buruk.


Baca Juga :
- Guardiola Kolektor Gelar
- Akhir Generasi 1980-an




Messi adalah semua nama untuk setiap sukses yang diraih Barcelona… namun juga untuk setiap kegagalan yang dialami Barcelona. Messi adalah korban, karena dia adalah pemimpin tim ini sejak hari pertama musim kompetis ini bergulir. Messi menorehkan hattrick dalam laga lawan PSV Eindhoven, lalu dua gol dalam laga tandang lawan Tottenham Hotspur di Stadion Wembley. Bintang asal Argentina ini telah menorehkan gol dalam laga lawan Lyon, Manchester United, dan laga pertama lawan Liverpool. Total, enam gol dalam setiap fase knockout.

Jadi, perannya memang tidak perlu diragukan lagi. Messi adalah bintang yang musim ini akan menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions dengan 12 gol. Di Anfield, dia melepaskan dua tembakan yang berhasil diredam kiper Liverpool. Dia juga memberikan umpan yang seharusnya dapat dimanfaatkan Philippe Coutinho. Dia juga memberikan peluang kepada Luis Suarez dan Jordi Alba. Jadi, jelas Messi adalah korban karena dia tidak dikelilingi pemain yang memiliki naluri gol mematikan pada saat itu.


Baca Juga :
- Siapa yang Tepat untuk Madrid?
- De Rossi Tidak Mau Berhenti


Ya, karena jika bukan Messi, tidak ada satu pun pemain Barcelona yang mampu menyelamatkan tim asal Katalunya ini. Meski demikian, Messi juga memiliki kesalahan dalam laga di Anfield. Dalam momen tertentu, rekan setimnya kerap mencari posisinya, namun sulit mendapatkan Messi di tempatnya. Kembali ke musim-musim sebelumnya. Lawan Roma contohnya, dia tidak menorehkan gol, lalu lawan Juventus, dia juga tidak tidak menorehkan gol.

Dan, pada 2015/16, ketika Barcelona terlempar setelah dikalahkan Atletico, Messi mengakhiri laga tanpa mampu mengalahkan Jan Oblak. Pada 2011/12 lawan Chelsea di Stadion Santiago Bernabeu, Messi gagal dalam mengeksekusi penalti. Jadi, Messi memang menjadi korban sekaligus sebagai penyebab dari kegagalan Barcelona. Messi tidak terlihat di Anfield. Dia seperti alien yang kehilangan sentuhannya, yang membuat rekan setimnya pun tidak mengenali potensinya.* Irfan Sudrajat

n
Penulis
nana sumarna
news