news
LIGA EUROPA
INFOGRAFIS: Preview Valencia Vs Arsenal
09 May 2019 10:10 WIB
berita
Santi Mina - TopSkor/Istimewa
VALENCIA – Weltstadium dan Emirates, stadion yang pernah memperlihatkan great comeback dalam Liga Europa musim ini. Selanjutnya Mestalla? Sepak bola telah memperlihatkan serangkaian great comeback. Terakhir yang terjadi di Stadion Anfield ketika Liverpool menggulung Barcelona, 4-0. “Saya berharap kami dapat melakukannya juga,” kata penyerang Valencia, Santi Mina, jelang menjamu Arsenal, dalam laga kedua semifinal Liga Europa, Kamis (9/5) atau Jumat dini hari WIB.

Los Che bahkan sudah memiliki modal: sebuah gol tandang yang dicetak di Stadion Emirates, kandang Arsenal, pada pertemuan pertama ketika pasukan Marcelino Garcia Toral kalah 1-3. Dengan hasil tersebut, di atas kertas, Valencia bisa lolos ke final dengan kemenangan dua gol tanpa balas. Ya, mencetak dua gol tanpa kemasukan sejatinya bukan misi yang mustahil.




Baca Juga :
- Dipecat Napoli, Arsenal Sudah Kontak Ancelotti
- Arsenal Krisis Cedera, Ljungberg Kehilangan 3 Pemain




Perjalanan Valencia dalam Liga Europa musim ini memang tidak memperlihatkan momen great comeback. Meski demikian, mereka pernah melakukannya dalam ajang Piala Raja, tepatnya dalam 16 besar. Ketika itu, mereka kalah di kandang Sporting Gijon, 1-2, namun di Mestalla, Valencia menang 3-0. Pada perempat final, kalah 0-1 di kandang Getafe tapi lolos ke semifinal setelah menang 3-1 pada laga kedua.

Hingga akhirnya, Los Che berhasil melewati semifinal dan kemudian lolos ke final. Pada 25 Mei nanti, mereka akan menghadapi Barcelona. “Kami telah memperlihatkan sebagai tim yang tidak pernah menyerah,” kata Mina lagi, tersenyum. Dalam Liga Europa musim ini, langkah Valencia relatif tanpa kendala sebelum mereka takluk dari Arsenal pada laga pertama itu.


Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen Liga Inggris, Selasa Subuh Hari WIB
- Vieira Dianggap Paling Cocok untuk Melatih Arsenal


Karena itulah, Los Che akan mencoba membuat “keajaiban” berikutnya di Liga Europa. Dan, jika ada peluang untuk lolos ke final, peluang tersebut dapat dilihat dari rapor lawan mereka musim ini. Faktanya, The Gunners asuhan Emery tujuh kali mengalami kekalahan dengan kemasukan dua gol atau lebih sepanjang musim ini. Di Liga Primer, Arsenal dua kali kalah dengan dua gol atau lebih dari Manchester City: 0-2 dan 1-3. Mereka juga takluk dari Liverpool 1-5, ditekuk Wolverhampton 1-3, dan tentu yang terakhir adalah kekalahan telak dari Leicester City, 0-3.

Angka-angka tersebut tentu memiliki arti bagi Valencia. Di sisi lain, pasukan Marcelino Garcia Toral setidaknya tahu bagaimana menang dengan dua gol atau lebih. Total, ada 11 pertandingan ketika Valencia mampu melakukannya pada musim ini. Dan, dari 11 laga tersebut, empat di antaranya justru dalam ajang Liga Europa. Valencia menang 3-1 atas Young Boys, mengalahkan Celtic 2-0, dan dalam dua laga lawan Villarreal di perempat final, menang 3-1 dan 2-0.

Meski demikian, fakta bahwa Arsenal pun justru sangat kuat dalam ajang Liga Europa. Emery adalah spesialis untuk ajang seperti ini yang diperlihatkan dengan tiga kali secara beruntun meraih gelar Liga Europa (2013-2016). Dalam 13 laga di ajang Eropa, Arsenal hanya mengalami dua kekalahan. Bahkan, dari 13 laga tersebut, sembilan laga di antaranya mereka tidak kemasukan gol! Hanya dua kali mereka kemasukan dua gol atau lebih, di antaranya saat mengalahkan Vorskla dan kalah dari Rennes.
Dan, soal great comeback, The Gunners sudah memperlihatkannya saat lawan Rennes. Kalah 1-3 di kandang Rennes namun menang 3-0 pada laga kedua. Bahkan, dua gol dalam laga tersebut mereka ciptakan hanya dalam waktu 15 menit pertama lewat gol Pierre-Emerick Aubameyang dan Maitland Niles.* Irfan Sudrajat

VALENCIA VS ARSENAL

VALENCIA    4-4-2
Pelatih: Marcelino Garcia Toral

Kiper: 13 Neto
Belakang: 21 Piccini, 24 Garay, 5 Paulista, 14 Gaya
Tengah: 8 Soler, 17 Coquelin, 10 Parejo, 7 Guedes
Depan: 22 Mina, 19 Moreno
Cadangan: 1 Domenech, 15 Lato, 12 Diakhaby, 18 Wass, 20 Torres, 23 Sobrino, 9 Gameiro

ARSENAL    3-4-2-1
Pelatih: Unai Emery

Kiper: 1 Cech
Belakang: 20 Mustafi, 5 Sokratis, 6 Koscielny
Tengah: 15 Niles, 34 Xhaka, 29 Guendouzi, 31 Kolasinac
Tengah depan: 17 Iwobi, 7 Mkhitaryan
Depan: 9 Lacazette
Cadangan: 19 Leno, 12 Lichtsteiner, 4 Elneny, 11 Torreira, 10 Oezil, 49 Nketiah, 9 Aubameyang

Stadion: Mestalla
Prediksi TopSkor: 50-50
Wasit: Danny Makkelie

Pertemuan terakhir
02/05/19    Liga Europa    Arsenal 3-1 Valencia
19/03/03    Liga Champions    Valencia 2-1 Arsenal


 

loading...
n
Penulis
nana sumarna
news
news