TOP OPINI FOOTBALL
Berat tapi Bisa Dilakukan, Ini Syarat Utama yang Harus Dilakoni Barca demi Meraih Treble
28 April 2019 09:22 WIB
berita
Para pemain Barca sedang berselbrasi usai mengalahkan Levante. -TopSkor.Id/Istimewa-
FC BARCELONA baru saja memenangkan trofi La Liga 2018/19 setelah mengalahkan Levante UD pada Sabtu (27/4) waktu setempat. Meski La Liga musim ini masih menyisakan tiga pertandingan, poin Barca tak akan mungkin dilewati Atletico Madrid. Maksimal disamakan dan itu jika  Barca kalah semua di tiga laga tersisa.

Namun, justru di tiga laga terakhir itulah yang bisa jadi kunci Barca meraih treble. Tepatnya saat melawan Celta Vigo, Getafe, dan Eibar. Kini, Barca memang sedang menatap treble. Mereka ingin mengulangi kisah sukses di musim 2008/09 dan 2014/15. Musim lalu, Barca bisa meraih dua gelar yaitu La Liga dan Piala Raja.


Baca Juga :
- Pelatih Ajax Ini Masuk Bursa Calon Pelatih Barca, Ini Komentarnya
- Adu Nasib! Eks Juara Dunia Ini Kabur Naik Kelas Berharap Bisa Dapat Sabuk Lagi




Namun, di Liga Champions tersingkir dengan mengenaskan oleh AS Roma di babak perempat final. Kini, langkah Barca jelas lebih ringan lantaran satu gelar yang melelahkan sudah diraih yaitu La Liga. Persis selanjutnya adalah bertemu Liverpool FC dan masih di Stadion Camp Nou.

Inilah laga terberat Barca selama mengikuti Liga Champions 2018/19. Bertemu dengan klub yang paling solid di Eropa saat ini. Cederanya Roberto Firmino tampaknya tak terlalu memengaruhi kekuatan Liverpool. Memanfaatkan laga pertama di markas jadi sangat penting.


Baca Juga :
- Chelsea Berharap Lepas dari Sanksi agar Bisa Beli Coutinho untuk Gantikan Hazard
- Bagus untuk Juventus, Ronaldo Minta Tiga Pemain Barca Ini Dibeli, Memang Mau Dijual juga


Barca harus menang berapa pun skornya. Di Liga Champion dan bertemu Liverpool, yang penting bisa menang saja sudah bagus. Bahkan, untuk klub sekaliber Barca. Kebobolan jadi keniscayaan tapi yang penting menang. Laga berikutnya urusan nanti. Prinspinya, mesin Barca harus terus dihidupkan dengan kemenangan.

Bertemu Liverpool hanya berselang tiga hari setelah gelar juara La Liga diraih. Berat tapi itulah konsekuensinya sebuah klub yang sedang mengejar trofi. Sudah benar Barca bisa mengamankan gelar di saat kesempatan ada di depan mata. Berikutnya, pelatih Barca Ernesto Valverde harus tetap menjaga mesin Barca tetap panas.

Caranya dengan kembali meraih kemenangan saat melawan Liverpool. Dilanjutkan lagi ketika bertemu Getafe di akhir pekan depan dan Celta Vigo di pekan berikutnya. Itu semua harus dilalui Barca dengan kemenangan. Jadi, setelah bisa mengalahkan Liverpool di pertemuan pertama, Barca juga harus menang atas Getafe dan Celta.

Sangat penting bagi Valverde menjaga atmosfer kemenangan. Sekali saja imbang atau kalah, mentak bisa terganggu. Semua pemain harus paham bahwa menutup musim dengan sapu bersih kemenangan adalah gengsi yang tak kalah pentingnya meski gelar sudah didapat saat musim belum berakhir.

Total, ada enam laga yang masih harus dilakoni Barca sebelum musim benar-benar pungkas. Rinciannya, tiga La Liga, dua Liga Champions, dan satu Piala Raja. Jika Barca bisa lolos ke final Liga Champions, ada tambahan satu laga lagi. Tapi yang pasti, enam laga tersebut harus ditutup dengan kemenangan.

Salah satunya akan berujung pada gelar lainnya yaitu di final Piala Raja lawan Valencia pada 25 Mei. Syarat untuk meraih treble terdengar sederahana yaitu harus sapu bersih kemenangan apa pun status laganya. Tapi, jelas itu sangat tidak mudah bagi Valverde. Merengkuh gelar La Liga jelas lumayan meringankan tapi bisa menjebak para pemain Barca jika mereka terlena.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
news