news
BULUTANGKIS
Siwei/Yaqiong Terhenti, Sinyal Redupnya Raja-Ratu Ganda Campuran?
27 April 2019 21:21 WIB
berita
Zheng Siwei/Huang Yaqiong harus mengakhiri petualangan di Badminton Asia Championships 2019 akibat terhenti pada semifinal yang dipengaruhi kondisi kesehatan hingga tampil kurang maksimal. Foto: BWFBadminton.com)
WUHAN – Kejutan terjadi pada semifinal Badminton Asia Championships (BAC) 2019. Tepatnya, sektor ganda campuran dengan tersingkirnya Zheng Siwei/Huang Yaqiong pada duel yang berlangsung di Wuhan Sports Center Gymnasium, Sabtu (27/4).

Pasangan yang sejak tahun lalu dijuluki Raja-Ratu ganda campuran asal Cina ini dikalahkan rekan senegaranya, He Jiting/Du Yue. Siwei/Yaqiong menyerah setelah berjuang 30 menit dengan skor 14-21, 18-21.




Baca Juga :
- Kevin/Marcus Alami Penurunan, tapi Tetap Jadi Andalan
- Della/Rizki Sabet Perunggu BAC 2019, tapi Harus Hilangkan Penyakit Lama




Kekalahan ini sangat antiklimaks. Sebab, di atas kertas, mereka unggul segalanya atas He/Du.

Baik dari segi ranking (1:12), status unggulan (#1:non-unggulan), dan head to head sebelumnya (4-0). Namun, di lapangan, semua bisa terjadi.


Baca Juga :
- Kevin/Marcus Runner-up BAC 2019, Akui Wakil Jepang Lebih Siap
- Kevin/Marcus Tumbang, Jepang Juara Umum


Termasuk, dengan kemenangan He/Du yang pertama dalam lima bentrokan.

Kendati, kekalahan ini juga dipengaruhi faktor kesehatan. Sebab, dikutip dari @BadmintonTalk, mereka dalam kondisi kurang fit.

Siwei sudah sakit sejak Rabu. Di sisi lain, dari pagi mengalami Yaqiong sakit kepala.

Sejatinya, mereka bisa saja mengundurkan diri seperti yang dialami Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada babak kedua BAC 2019 ini. Namun, itu tidak bisa dilakukan Siwei/Yaqiong.

Pasalnya, lawan yang dihadapi merupakan rekan sendiri. Sesuai regulasi, jika mengundurkan diri kontra wakil dari negara yang sama akan membuat poin mereka di BAC 2019 hangus.

Kasus berbeda dari Hendra/Ahsan yang tetap mendapat poin. Itu karena lawan dari The Daddies merupakan Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang berasal dari Malaysia.

Yang pasti, terhenti di semifinal ini membuat Siwei/Yaqiong gagal juara dalam dua turnamen beruntun. Sebelumnya, mereka harus mengakui ketangguhan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) pada final Singapore Open 2019 yang berlangsung 14 April lalu.***


Pencapaian Zheng Siwei/Huang Yaqiong Sepanjang Tahun Ini
Indonesia Masters 2019 (Super 500)
: JUARA
All
England 2019 (1000): JUARA
Malaysia Open 2019 (750)
: JUARA
Singapore Open 2019 (500): Runner-up dikalahkan Dechapol/Sapsiree (Thailand)
Badminton Asia Championships 2019: Semifinal dikalahkan He Jiting/Du Yue (Cina)

loading...
news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
news
news