news
KICK OFF
Pekan Krusial Arsenal
15 April 2019 04:00 WIB
berita
SETELAH memaksimalkan leg pertama di kandang untuk menaklukkan Napoli, Arsenal harus tetap waspada karena pekan ini mereka akan menghadapi laga yang krusial pula, pertama lawan Watford di Liga Primer dan kedua kembali menghadapi Napoli, di kandang klub asal Italia tersebut. Menjamu Napoli di Emirates Stadium, pada laga pertama perempat final Liga Europa, Arsenal menang 2-0 melalui gol dari Aaron Ramsey pada menit ke-14 dan gol bunuh diri Kalidou Koulibaly di menit ke-25.

Sepanjang 90 menit, Arsenal mendominasi usai melepaskan 17 tembakan dengan tujuh di antaranya kea rah gawang. Sementara Napoli yang dominan dalam penguasaan bola, dengan persentase 58 persen, hanya mencatatkan delapan tembakan dengan dua yang mengarah ke gawang. Selanjutnya, Arsenal perlu menuntaskan pekerjaan pada laga kedua di San Paolo, Jumat (19/4). Namun, sebelum menghadapi I Partenopei, Arsenal harus lebih dulu melewati Watford, untuk mengamankan posisi mereka dalam upaya meraih tiket Liga Champions.




Baca Juga :
- Jalan Terjal Liverpool
- Kekuatan Barca Bakal Lebih Dahsyat




Ini merupakan dua laga tandang. Dan, dalam laga tandang, seringkali Arsenal justru mengalami situasi yang sangat sulit. Napoli sangat mampu membalikkan keadaan. Bertandang ke sana, laga akan berbeda. Arsenal perlu fokus. Tidak perlu ada kepercayaan diri yang berlebihan. Soal laga tandang, faktanya, pelatih Arsenal, Unai Emery, masih kesulitan dalam meraih poin penuh di kandang lawan. Ya, Emery hanya mampu membawa The Gunners meraih satu kemenangan dalam laga Liga Primer sejak November lalu. Satu-satunya kemenangan tersebut adalah saat mengalahkan Huddersfield Town.

Kemenangan mereka yang lain di musim ini adalah melawan Bournemouth (klub peringkat ke-13), Newcastle United (15), Cardiff (18) dan Fulham (terdegradasi). Tapi, Watford tentu berbeda karena klub ini berada di level yang berbeda. Watford tim yang ada di papan tengah dan masih memiliki peluang untuk meraih posisi yang lebih baik lagi dalam klasemen Liga Primer. Sementara itu, Arsenal terkadang masih belum konsisten dalam meraih kemenangan.


Baca Juga :
- Conte Mampu Membuat Pemain Bangkit
- Kini Banyak yang Meragukan Solskjaer


Pada pekan lalu kalah dari Everton. Tapi, dengan Emery, tetap ada perubahan terkait laga tandang. Emery berhasil mengubah tradisi buruk tim ini dalam laga tandang. Kelemahan laga tandang menjadi salah satu persoalan Arsenal yang membuat tim ini sulit untuk tampil konsisten dalam meraih hasil maksimal. Musim lalu, dari 19 laga tandang, Arsenal hanya meraih empat kemenangan dengan empat kali imbang, dan mengalami 11 kekalahan. Dengan demikian, mereka hanya meraih 16 poin dari 19 pertandingan tandang.

Musim ini, laga tandang menjadi lebih mudah bagi Alexandre Lacazette dan kawan-kawan. Dalam 14 laga tandang, Arsenal meraih lima kemenangan, empat kali imbang, dan mengalami lima kekalahan. Atau rata-rata meraih 1,36 poin per pertandingan tandang. Itu sebuah perkembangan besar dibandingkan musim lalu. Jadi, Emery telah membuktikan kualitasnya mampu mengubah Arsenal menjadi tim yang berkembang dan dia tinggal meneruskannya.* Irfan Sudrajat

n
Penulis
nana sumarna
news
news