ONE CHAMPIONSHIP
Stefer Rahardian dan Priscilla Lumban Gaol Tak Lupa Bawa Bekal ke Sekolah
12 April 2019 11:41 WIB
berita
Meski garang di atas ring Priscilla tetap takut pada ibu
JAKARTA - Ada banyak hal yang tak lagi menjadi kebiasaan ketika seseorang dewasa. Namun kenangan akan pengalaman masa kecil – seperti membawa bekal ke sekolah – tetap membekas dalam ingatan. Tidak terkecuali bagi dua atlet MMA Indonesia, Stefer “The Lion” Rahardian dan Priscilla “Thathie” Hertati Lumban Gaol.

Meski garang di atas ring, kedua petarung ONE Championship ini adalah anak penurut di depan ibu mereka. Membawa masakan ibu ke sekolah, bahkan tempat kerja, sempat mengisi hari-hari mereka.

Peringatan Hari Bawa Bekal Nasional, setiap 12 April, bertujuan mengajak masyarakat Indonesia membawa makanan dari rumah ketimbang membeli di luar. Kedua atlet andalan Indonesia ini mengingat kembali bagaimana asiknya menunggu waktu makan siang untuk menyantap masakan sang ibunda.


Baca Juga :
- Kartini Inspirasi Dua Petarung Indonesia Ini
- “The Terminator” Sunoto Ditunggu di Istora Senayan



“Dulu saya selalu bawa bekal, karena uang yang dikasih ibu tidak cukup untuk jajan. Lagi pula, saya harus belajar prihatin,” kata Stefer, yang lahir di Jakarta 33 tahun lalu.

Bagi petarung divisi flyweight ini, bekal yang ibunya berikan memiliki arti yang sangat besar. Ia menganggap hal tersebut bukan hanya sebagai pemuas rasa lapar, tetapi juga bentuk kasih sayang dari orang tua pada anaknya.

“Dari kecil saya selalu diajar hidup sederhana, dan saya tak pernah malu untuk makan masakan ibu. Yang saya pikirkan, semoga makanan itu membawa berkah,” ujarnya.

Stefer kecil memang dituntut untuk hidup sederhana, karena kemampuan finansial keluarganya yang terbatas. Semenjak orang tua Stefer memutuskan untuk berpisah saat dia masih kecil, sang ibu harus membanting tulang untuk bekerja di restoran demi bertahan hidup.

Kebiasan tersebut berlanjut sampai ia memasuki sekolah menengah atas. Tak jarang, saat pergi kerja pun Stefer masih membawa bekal. Namun, karena jarak yang memisahkan keduanya, kebiasaan tersebut terhenti seiring waktu. 

“Saya sampe SMA sempat selalu dibawakan bekal, bahkan kadang saat mau pergi latihan juga,” ujar Stefer yang kini berlatih di Bali MMA.

Hal yang sama juga dialami oleh Priscilla, atlet berbakat asal Indonesia yang memenangkan lima dari enam pertandingannya tahun lalu. Kebiasaan ini berlangsung sampai ia menginjak usia remaja.

“Hampir setiap hari selalu bawa bekal ke sekolah. Biasanya, menunya sangat sederhana, yaitu roti, telor dan nasi goreng,” kenang atlet yang berlatih di bawah Siam Fight Camp ini.

“Ini sama sekali tidak ribet dan malah membantu, karena ketika SMP, kantin sekolah letaknya lumayan jauh dari kelas saya.”

Meski demikian, Priscilla mengaku tetap membeli jajanan atau makanan diluar, terutama ketika pulang sekolah lebih awal dari biasanya.

“Kalo hari jumat biasanya enggak bawa bekal, karena pulangnya lebih awal,” ungkap atlet berusia 30 tahun ini.


Baca Juga :
- Rudy "The Golden Boy" Agustian Siap Berlaga di ONE: FOR HONOR
- Harapan Petarung MMA Indonesia Terkait Pilpres Besok

“Yang jelas, masa masa itu selalu terkenang, karena saya sering bertukar makanan dengan teman. Meskipun menunya sama, kita ingin coba hasil masakan dari orang tua masing-masing.”

Hari Bawa Bekal Nasional ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional RI, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta salah satu produk terkenal dari peralatan rumah tangga pada tahun 2013.*
 

news
Penulis
Suryansyah