LIGA TOPSKOR
Dominasi Grup Skor di Semifinal
08 April 2019 04:03 WIB
berita
selebrasi ASIOP Apacinti vs Salfas Soccer - TopSkor/Ady Sesotya
BOGOR - ASIOP Apacinti dan Siaga Pratama jadi wakil Grup A yang akan tampil dalam semifinal Liga Hansaplast TopSkor U-13 2018/19. ASIOP tampil memukau di babak delapan besar dengan mengais poin sempurna sembilan dari tiga hasil kemenangan. Menariknya, tiga kemenangan ASIOP berakhir dengan skor 2-1 dengan gol kemenangan selalu tercipta di injury time babak kedua.

“Sedikit di luar prediksi kami dan saya sebagai pelatih. Kami hanya menduduki peringkat empat di putaran awal lalu, tapi bisa memuncaki klasemen pada 8 besar," kata Yayat Supriatna, pelatih ASIOP. “Saya tak menutup mata, sepak bola tak lepas dari faktor keberuntungan dan andil campur tangan Tuhan.”




Baca Juga :
- Garec’s Dapat Rezeki Nomplok di Play-Off Liga TopSkor U-15 dan Tangis Haru Skuat Haur Raya 
- Batavia FC, Satria Muda, Metro Kukusan, dan EDF La Liga Jadi Debutan Liga TopSkor U-16




Juara Bukan Tujuan
Di Grup B, ISA Fossbi Trisakti mempertegas dominasi mereka dalam babak delapan besar. Jumpa Remaja Masa Depan (RMD), Minggu (7/4), ISA berpesta gol ke gawang tim asal Tebet tersebut

Tim berjulukan Kelinci Cibubur itu menang besar dengan skor 3-0. Hasil ini sekaligus menempatkan ISA sebagai jawara Grup B dengan poin sempurna sembilan dari tiga pertandingan dan lolos ke semifinal. Dengan kata lain, kans ISA untuk mempertahankan gelar terbuka lebar.


Baca Juga :
- Liga TopSkor U-13, Brace Ramadhan Antarkan Asad Raih Kemenangan Perdana
- Liga TopSkor U-13, Bina Pakuan Antiklimaks Hadapi Biruna


Pelatih ISA Zuchli Imran Putra pun menegaskan timnya tak akan terbebani dengan status unggulan. Menurutnya, berhasil mempertahankan gelar juara atau tidak itu urusan kedua. Terpenting, ia bisa memberikan jam terbang kepada pemain secara merata dan menikmati persaingan secara fair play sudah membuatnya bangga.

Ia juga tak ambil pusing, mengingat ISA tak akan diperkuat sejumlah pemain andalannya pada laga semifinal mendatang. Seperti diketahui beberapa pemain utamanya akan mengikuti turnamen di Cina mulai pekan depan. Imran percaya, pemain lain yang menggantikan akan tetap mampu memberikan perlawanan.

“Menciptakan pemain bermental pemenang itu penting. Tapi memberikan kesempatan kepada semua pemain berkompetisi itu perlu,” kata Imran. “Juara bukan tujuan utama pembinaan. Anak-anak harus bermain enjoy, happy, dan tanpa tekanan itu lebih penting.”

Di semifinal ISA akan kembali bertemu dengan Siaga Pratama. Kedua tim sudah saling mengalahkan pada putaran pertama lalu. Menariknya, keempat tim yang lolos ke semifinal semuanya wakil dari Grup Skor.

Pertahanan Villa 2000

Kabomania, mendampingi ISA dari Grup B. Sempat dibuat frustrasi, Kabomania akhirnya berhasil menutup laga terakhir 8 besar dengan kemenangan atas Villa 2000, 2-0. 

Tim asuhan Imral Usman itu dibuat kesulitan membongkar pertahanan gerendel yang diterapkan tim asal Pamulang, Tangerang Selatan tersebut. Dengan skuat terbatas, Villa tampaknya ingin mencoba merebut poin setelah mengalami dua kekalahan beruntun sebelumnya.

Pertahanan rapat yang digalang Villa 2000 cukup tangguh. Sementara barisan penyerang Kabomania justru tampil tergesa-gesa dan terburu-buru. Sudah begitu,  tidak terlihat improvisasi yang dilakukan para pemain dalam membongkar pertahanan lawan.

Baru di babak kedua berawal dari sepak pojok, bek tengah Muhammad Revansyah memecah kebuntuan lewat sundulannya di menit ke-48. Gol tersebut memantik semangat rekan lainnya. Gol kedua pun lahir dari kaki Aditya Romansyah dua menit jelang bubaran.

“Anak-anak kurang tenang. Itu evaluasi besar yang akan saya lakukan sepekan ke depan sebelum turun di semifinal,” kata Imral. ‘Beruntung kami akhirnya bisa mencetak gol dan itu membuat sedikit lebih mudah ke depannya.”

AFS dan Salfas Antiklimaks
Antiklimaks, Asia Football School (AFS) dan Salfas Soccer harus mengubur asa tampil di semifinal. Kedua tim gagal bersaing memperebutkan dua tempat teratas dalam babak delapan besar Grup A. Padahal kedua tim cukup stabil penampilannya selama putaran pertama.

Sempat membuka peluang seusai mengalahkan Salfas Soccer (2-1) pada laga kedua Sabtu (6/4), AFS ditahan Siaga Pratama 2-2. Padahal AFS  memang butuh kemenangan untuk bisa lolos. Hilang konsentrasi dan terbawa gaya lawan, diakui asisten pelatih AFS Fadhilah Yusuf, jadi faktor penentu.

Meski begitu, apresiasi tinggi ia berikan kepada anak asuhnya yang tampil militan dan garang. Bahkan dengan komposisi skuat yang hampir setengahnya pemain berusia 11-12 tahun.

“Perjuangan yang luar biasa dari anak-anak terutama di delapan besar ini dengan materi pemain yang seadanya,” kata Fadillah. “Kalah, seri, menang itulah hasil permainan. Tapi proses anak-anak bisa belajar itulah tujuan utamanya. Perjalanan mereka tidak berhenti sampai di sini. Mereka akan bisa lebih baik lagi ke depannya."

Sementara Candra Mulyono, pelatih Salfas Soccer, juga tak memperlihatkan raut kecewa di depan pasukannya. Seperti yang selalu ditekankan olehnya, perkembangan anak-anak dalam bermain jadi perhatian utamanya. Soal kesempatan untuk berprestasi meraih gelar juara itu adalah bonus. 

“Itu artinya, anak-anak harus terus banyak belajar dan juga latihan yang keras. Jadikan pengalaman di  Liga TopSkor ini bekal mereka hadapi tantangan di depan,” kata Candra.* Furqon Al Fauzi

Klasemen 8 Besar LHTS U-13 Group A Pekan Ke3

No

Klub

Mn

M

S

K

SG

P

1.

ASIOP Apacinti

3

3

0

0

6-3

9

2.

Siaga Pratama

3

1

1

1

6-4

4

3.

Asia Football School

3

1

1

1

5-5

4

4.

Salfas Soccer

3

0

0

3

2-7

0

Klasemen 8 Besar LHTS U-13 Group B Pekan Ke3

No

Klub

Mn

M

S

K

SG

P

1.

ISA Fossbi Trisakti

3

3

0

0

7-1

9

2.

Kabomania

3

2

0

1

3-1

6

3.

RMD

3

1

0

2

5-4

3

4.

Villa 2000

3

0

0

3

1-10

0

Hasil 8 Besar LHTS U-13 
Sabtu, 6 April 2019
Salfas Soccer        1-2    Asia FS
ASIOP Apacinti    2-1    Siaga Pratama
Kabomania        0-1    ISA Fossbi
Villa 2000         0-5    RMD

Minggu, 7 April 2019
Asia FS         2-2    Siaga Pratama
Salfas Soccer        1-2    ASIOP Apacinti
ISA Fossbi         3-0    RMD
Kabomania        2-0    Villa 2000

Jadwal Semifinal
Minggu, 14 April 2019
07:30 WIB    ASIOP Apacinti vs Kabomania
08:45 WIB    ISA Fossbi vs Siaga Pratama

Jadwal Final
Minggu, 21 April 2019
Final 3-4
Final 1-2

Pencetak Gol Terbanyak 
20 gol : Rizaldy Putra (ISA)
19 gol : Adrian Irfansyah (TMP-SoccerOne)
14 gol : Farid El Hadji (Ragunan SS)
 

 


 

n
Penulis
nana sumarna