TOP OPINI FOOTBALL
Tidak Ada Jejak Juara dalam Permainan Timnas U-23 Indonesia
23 Maret 2019 06:08 WIB
berita
HANOI - Permainan Timnas U-23 Indonesia tidak memperlihatkan sedikitpun jejak sebagai juara Piala AFF U-22 2019. Performa tim arahan Indra Sjafri begitu payah.

Tidak heran di pertandingan pertama Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Indonesia menyerah dari Thailand. Bahkan menjadi bulan-bulanan. Indonesia harus mengucapkan salam 0-4 kepada Thailand.


Baca Juga :
- Semifinal Piala Asia Futsal U-20 2019, Iran dan Jepang Saling Jegal
- Reaksi Pelatih Timnas Futsal U-20 Thailand Usai Ditendang Afghanistan




Situasi yang membuat Indonesia barangkali tinggal berharap keajaiban untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020. Pasalnya untuk bersaing menjadi juara Grup K atau salah satu dari empat peringkat kedua terbaik, sepertinya begitu berat.

Vietnam sebagai pesaing langsung di pertandingan pertama menang 6-0 atas Brunei Darussalam. Walaupun nanti skor melawan juru kunci tidak dihitung, kemenangan itu bisa memberi pesan ancaman buat Indonesia. Laga berikutnya akan dihadapi Indonesia melawan Vietnam.


Baca Juga :
- Piala Asia Futsal U-20 2019, Afghanistan Tantang Indonesia di Semifinal
- Reaksi Pelatih Timnas Futsal U-20 Vietnam Setelah Tumbang dari Indonesia


Kembali ke permainan Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri berdalih susunan pemain yang diturunkan merupakan yang terbaik. Pelatih paling didewakan oleh suporter Timnas Indonesia ini, juga mengatakan kekalahan ini tidak ada kaitannya dengan gagalnya Ezra Walian didaftarkan.

Tapi bicara taktik dan strategi, tampaknya ada yang keliru dari Indra Sjafri. Setidaknya bisa dibaca dari komentar yang diucapkan pelatih Thailand U-23, Alexandre Gama.

Pelatih asal Brasil itu menduga Indra Sjafri dan semua pemainnya akan menghadapi Thailand yang dikalahkan di final Piala AFF U-22 2019. Padahal ketika itu Thailand turun dengan tim B.

Sekarang saat Thailand dengan turun kekuatan utama, hasilnya bisa dilihat. Indonesia bertekuk lutut. Barangkali memang Indra Sjafri dan tim kepelatihan yang dipimpinnya salah perkiraan. Tidak mengantisipasi dengan baik siapa itu Thailand!*Ari DP

news
Penulis
Ari DP
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
news