FORMULA 1
Berita Duka, Direktur Balap F1 Charlie Whiting Wafat Tiga Hari Jelang Musim Dimulai
14 Maret 2019 18:15 WIB
berita
Charlie Whiting di sebuah sesi jumpa pers. -TopSkor.Id/Istimewa-
MELBOURNE – Ajang balap jet darat Formula 1 (F1) akan memulai musim 2019 di Sirkuit Melbourne, Australia. Alih-alih kegembiraan yang meliputi, malah suasana duka yang didapat. Direktur Balap F1 Charlie Whiting secara mendadak meninggal dunia akibat emboli paru pada Kamis (14/3) di Melbourne.

Emboli paru adalah penyumbatan pembuluh darah dari jantung ke paru-paru. Whiting pun wafat di usia 66 tahun. Selain bertugas sebagai direktur balap F1 di tiap lomba, Whiting juga menjabat sebagai Direktur Keselamatan FIA sejak 1997. Untuk di F1 sendiri, sosoknya sangat sentral.


Baca Juga :
- Presiden Madrid Yakin Zidane Bisa Kembalikan Kemampuan Terbaik Para Jagoan Lama
- Lukaku Cedera, Stok Penyerang MU Menipis, Ini Solusi Solskjaer


Dialah sosok terdepan yang menentukan status sebuah lomba. Basah, kering, dilanjutkan, dihentikan, atau dibatalkan. Semua berada di tangan Whiting. Ucapan duka pun langsung mengalir dari semua pesohor F1. Bernie Ecclestone, Jean Todt, Lewis Hamilton, dan lain-lain.


Baca Juga :
- Zidane Tetapkan Enam Pemain yang Harus Dijual, Untungnya Pelapis Semua
- Barca Bingung Cari Pelapis Luis Suarez tapi Valverde Coba Usulkan Striker Valencia Ini



Belum diketahui siapa pengganti Whiting untuk GP Australia nanti. Pada Minggu (17/3) lomba pembuka musim 2019 akan digelar di Sirkuit Melbourne. Tak ada lagi sosok Whiting yang selalu jadi buruan para jurnalis untuk dimintai keterangannya. Whiting yang juga pernah jadi direktur teknik di Brabham telah pergi selamanya.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo