LIGA INTERNASIONAL
Pesepak Bola Buronan Bahrain Itu Resmi Jadi Warga Negara Australia
12 March 2019 20:41 WIB
berita
Hakeem al-Araibi
MELBOURNE - Pengungsi dan pemain sepak bola Bahrain, Hakeem al-Araibi resmi menjadi warga negara Australia. Dia bersumpah pada upacara di Melbourne, Selasa (12/3).

Al-Araibi secara dramatis dibebaskan dari penjara Thailand sebulan lalu ketika pihak berwenang menarik proses ekstradisi terhadapnya.


Baca Juga :
- Piala AFF U-18, Australia Nyaris Dipermalukan Myanmar, Final Lawan Malaysia
- Jadwal Siaran Langsung Semifinal Piala AFF U-18, Indonesia Vs Malaysia Jam Pertama




Pemain berusia 25 tahun itu melakukan perjalanan ke Thailand pada bulan madu dan ditangkap pada saat kedatangannya pada 27 November, ditahan berdasarkan pemberitahuan Interpol yang dikeluarkan atas permintaan Bahrain.

Al-Araibi melarikan diri dari tanah airnya pada tahun 2014 sebelum diberikan tempat tinggal permanen di Australia, di mana ia sejak itu tinggal dan berada di klub semi-profesional Pascoe Vale.


Baca Juga :
- Final Gothia Cup di Momen Kemerdekaan, TopSkor Indonesia Siap Kalahkan Australia
- Jadwal Semifinal Piala AFF U-18 2019, Indonesia Vs Malaysia, Australia Vs Myanmar


Pengacara pro-demokrasi ini telah dijatuhi hukuman penjara 10 tahun oleh rezim Bahrain karena tuduhan vandalisme tetapi membantah keterlibatannya.

Namun, Al-Araibi sekarang dapat secara resmi menjadi warga negara Australia setelah ia bersumpah di Melbourne dihadapan perdana menteri Scott Morrison.

"Akhirnya, tidak ada negara yang bisa mengikuti saya sekarang karena saya orang Australia," kata Al-Araibi. "Bahrain, tolong jangan ikuti saya. Saya sekarang 100 persen aman di negara ini."

Morrison menambahkan: "Hari ini adalah hari yang menakjubkan bagi Australia, ini adalah hari yang istimewa bagi Australia. Hakeem, warga Australia baru saja memeluk Anda."

"Ini hari yang luar biasa dan kami menyambut Anda sepenuhnya untuk keluarga Australia."*


 

news
Penulis
Suryansyah
news