TOP FEATURE FOOTBALL
Pique Pemilik Klub dan Game Online
12 Maret 2019 04:06 WIB
berita
Inilah Gerard Pique (tengah) di salah satu ruangan kantornya di perusahaan Kerad Game. Selain Barcelona, kesibukannya adalah mengelola usahanya ini.
TIDAK hanya sebagai bek pintar dan vokal di Barcelona, Gerard Pique pun memiliki pola pikir ke depan. Bintang Los Azulgrana ini mencintai sepak bola, tapi dia ingin mencoba sesuatu yang berbeda meski masih dalam dunia si Kulit Bundar. Januari lalu contohnya, Pique menjadi salah satu pemilik dari sebuah klub Liga Spanyol, FC Andorra. Status ini dimilikinya lewat perusahaan yang dia bangun, Kosmos Holding.

Tentu, bukan hal mudah bagi Pique dan perusahaannya mengambil klub tersebut. Pique pendiri dan kini juga Presiden Kosmos Holding, Dia mulai membangun perusahaan tersebut bersama Hiroshi Mikitani (pendiri dan ketua perusahaan e-commerce Jepang, Rakuten Inc.) yang juga pernah menjadi sponsor bagi Barcelona. Tentu saja, sebagai pemilik, pikirannya pun langsung memikirkan kelangsungan klubnya ini.

Pique bergerak dengan mempercayai sejumlah mantan pemain Barca, seperti, Gabri Garcia. Ada juga nama Albert Jorquera, sebagai asisten pelatih. Dengan perusahaan miliknya ini, Pique mencoba melepaskan utang yang dialami FC Andorra, yang membuat klub ini bangkrut pada 2008. Bukan soal membeli klub saja. Dengan perusahaannya ini pula, 


Baca Juga :
- Seedorf Gabungkan Brasil dan Jepang
- Hariono Belajar Berbisnis



Pique kerja sama dengan Federasi Tenis Internasional (ITF) untuk mengubah format Piala Davis menjadi turnamen yang digelar selama satu musim di Madrid. Peran Pique dengan perusahaannya adalah menyuntikkan dana dalam kompetisi yang sudah berusia 118 tahun tersebut. Kosmos Holding dengan nama Kosmos Studios sudah memproduksi sebuah film documenter: yang menarik, bintang dari film dokumentar ini justru penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann.

Ya, bisnis dan perusahaan yang dimiliki Pique ini bagian dari proses perjalanan karier sang bintang timnas Spanyol. Bahkan, perjalanan membangun bisnis tidak selalu manis. Sebelumnya, Pique pun sempat membuat sebuah video gim dan menjadi pengembang dari aplikasi seluler bernama Kerad Games. Kerad Games telah meluncurkan versi tim sepak bola yang interaktif, bernama Golden Manager, yang menduduki nomor satu tanggga App Store hanya terhitung sekitar 24 jam setelah diluncurkan.


Baca Juga :
- Ibra Harum dengan Parfum
- Tony Maksimalkan Peluang Bisnis


“Ide ini muncul ketika saya berusia 11 atau 12 tahun,” kata Pique. Game ini memungkinkan penggunanya membangun dan mengelola tim sepak bola mereka sendiri untuk bermain online melawan teman-teman mereka. Media sosial sebagai platform dan memungkinkan pengguna bekerja dengan tim mereka secara real time.

Perusahaan ini di Barcelona dan dikembangkan dengan bantuan teman dan keluarga. Pique bisa menghabiskan tiga hari sepekan di kantornya, menggelar rapat, dan membuat keputusan bisnis. Padahal, ketika pertama kali memulainya, dia tidak tahu apa-apa tentang industri ini. “Saya menikmati menjadi bagian dari ini. Saya membuat keputusan setiap pekan tentang pemasaran, bisnis [dan] monetisasi,” kata Pique.*Irfan Sudrajat
 

n
Penulis
nana sumarna