TOP FEATURE OLIMPYC
Wasit Tinju Paling Cerewet Pimpin Perebutan Gelar Juara, Petinjunya Diajari Pula
11 Maret 2019 14:40 WIB
berita
Inilah Jerry Armstrong saat memimpin pertarungan Roy Jones Jr (kiri) lawan Prince Badi Ajamu. -TopSkor.Id/Istimewa-
NAMA Roy Jones Jr pernah sangat tersohor di masa lalu. Petinju asal Amerika Serikat (AS) ini termasuk salah satu petinju pound for pound yang sukses. Tercatat, Jones Jr pernah bertarung di lima kelas yang berbeda. Gelar juara pun berkali-kali diraihnya. Kini Jones Jr sudah pensiun dan usianya 50 tahun.

Total, Jones Jr sudah menjalani 75 pertarungan di level profesional. Dari sebanyak itu, ada satu pertarungan yang tak akan terlupakan oleh Jones Jr. Bukan soal siapa lawannya, tapi siapa wasit yang memimpin pertarungan itu. Namanya Jerry Armstrong yang saat itu mempimpin pertarungan perebutan gelar juara lowong.

Tepatnya untuk sabuk juara kelas berat ringan WBO-NABO melawan Prince Badi Ajamu. Pertarungan digelar di Qwest Arena, Boise, Idaho, AS pada 29 Juli 2006. Armstrong adalah wasit yang sangat unik. Saat memimpin pertarungan itu, usianya sudah berusia 70 tahun.


Baca Juga :
- Courtois Emoh Dijadikan Bahan Tukaran Real Madrid
- Incaran Chelsea Ini Bisa Dibeli Barca Setengah Harga, Bagus untuk Pengganti Luis Suarez



Dari usianya bisa diketahui pasti dia bergaya old fashioned atau kuno. Benar saja, sebelum ronde satu, Armstrong sudah menjelaskan teknis pertarungan kepada kedua petinju dengan sangat rinci. Padahal, semua petinju pasti sudah hapal luar kepala soal aturan.

Ronde satu dan dua dilalui dengan normal. Mulai ronde tiga dan seterusnya, Armstrong makin terlihat sangat cerewet. Utamanya, saat kedua petinju melakukan clinch (pelukan). Pasti dia melepaskannya dengan kata-kata yang keras dan agak menarik salah satu di antara mereka.

Tak hanya itu, beberapa kali saat pertarungan di jarak yang sangat dekat, Armstrong pun melerai. Lalu, memberikan perintah kepada salah satu petinju, “Jika jarak dekat seperti itu, kamu harus uppercut.” Lucunya, kedua petinju menurut saja. Penonton yang gemas melihat semua tindakan Armstrong yang lebih mirip pelatih.


Baca Juga :
- Kembali Latih Madrid, Ini Pekerjaan yang Kali Pertama Harus Dilakukan Zidane
- Cocok! Bintang Chelsea Ini Jadi Incaran Pertama Zidane tapi Bukan Hazard


Jones Jr yang dikenal sebagai petinju dengan teknik yang bagus juga tak luput dari tegurannya. Di satu ronde, Jones Jr mengangkat kedua tinjunya ke arah depan. Armstrong melerai dan berkata kepada Jones Jr, “kalau pada posisi seperti itu, kamu harus buat pertahanan atau ambil ancang-ancang memuku.”

Itu persis dengan contohnya. Lagi-lagi, Jones Jr mengangguk saja. Meski begitu, Armstrong juga sangat teliti. Ada dua pukulan low blow yang dilakukan Ajamu yang ketahuan olehnya. Pengurangan poin pun tak terelakkan. Saat ini, mungkin Armstrong sudah pensiun tapi rekaman pertandingan yang dipimpinnya masih lucu untuk ditonton.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo