TOP FEATURE FOOTBALL
Iniesta Teruskan Bisnis Orangtua
06 March 2019 04:06 WIB
berita
Andres Iniesta saat berada di antara tempat penyimpanan anggur miliknya. Legenda hidup Barcleona ini sukses meneruskan usaha orangtuanya.
SELAIN Andrea Pirlo, ada Andreas Iniesta yang juga merambah bisnis minuman anggur yang sudah dikelolanya sejak lama. Tujuan para pemain sepak bola berbisnis tentu untuk kehidupan masa yang akan datang. Iniesta memiliki kebun anggur dan juga memiliki perusahaan minuman anggur,

Perusahaan Iniesta itu bernama Bodega Iniesta yang didirikan pada 2010, di Carrtera Fuentealbilla, Albacete, Spanyol. Sebelum menjadi perusahaan Bodega Iniesta, awalnya semua itu dikelola Jose Antonio Iniesta, ayah Iniesta sejak 1990 dalam kebun anggur seluas 10 hektare di Fuentealbilla. Namun, wine itu sulit bersaing dengan berbagai merek lainnya di wilayah Spanyol. 


Baca Juga :
- Indra Sjafri Mantu, Berikut Doa dari Menpora
- Ali Daei Berkibar dengan Daei Sport




Hingga kini dapat dijalankan kembali oleh mantan gelandang FC Barcelona itu. Ternyata untuk menjadi pengusaha adalah keinginan Iniesta sejak kecil. “Kakek saya memiliki ladang anggur dan nenek punya bar. Dari situlah mimpi ayah memiliki minuman anggur sendiri dan saya juga ingin melakukannya,” ujar Iniesta.

Sambil menyelam minum air, menjadi pepatah yang pantas bagi Iniesta. Pasalnya pemain yang kini berlaga di Liga Jepang bersama Vissel Kobe memiliki kesepakatan lain dalam kontrak kepindahannya dari Barcelona. Salah satu media Cina menyebutkan bahwa ada proyek menarik yang didukung Vissel Kobe untuk kepindahannya yaitu memasarkan perusahaan wine milik Iniesta, yaitu memasuki pasar minuman anggur di Jepang.


Baca Juga :
- Sukses Mia lewat Winner Never Quit
- Johan Halls : Dari Arsenal hingga Catwalk


“Anggur selalu menjadi tradisi bagi keluarga kami, tetapi kami tidak memiliki kekuatan ekonomi yang cukup untuk membuat kilang anggur sampai Andres memasuki dunia sepak bola,” ujar Jose Antonio Iniesta.

Karena hal itulah Iniesta memilih melanjutkan kariernya sambil menjalankan bisnisnya. Keputusannya membawa rezeki bagi pemain yang kini berusia 34 tahun. Walaupun tidak lagi bermain di klub besar dengan gaji yang besar, namun Iniesta diuntungkan dengan penjualan anggurnya yang laku keras di negara Asia.

Pabrik anggur menghasilkan 1,2 juta botol pada 2017, melonjak signifikan dibandingkan 2010. Ini tentu pencapaian yang sangat tinggi bagi keluarga Iniesta dalam mengembangkan bisnisnya. Pabrik anggur itu dikabarkan ingin memperluas pasarnya hingga ke Cina.*

n
Penulis
nana sumarna
news