ARENA
PON 2020 Pertandingkan 46 Cabor dan 766 Nomor
04 March 2019 22:14 WIB
berita
Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman. (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)
JAKARTA – Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 tinggal menghitung bulan. Tepatnya, berlangsung pada 9 September 2020.

Edisi ke-20 dari PON ini akan mempertandingkan 46 cabang olahraga (cabor) dan 766 nomor. Ini berdasarkan hasil akhir koordinasi dengan Panitia Besar (PB) PON.


Baca Juga :
- Pra-PON Voli Rampung, PON 2020 Diklaim Lebih Seru
- Inpres Baru Belum Diteken Presiden, Persiapan PON Papua Tidak Kelihatan




“Saat ini, beberapa cabor sudah melaksanakan pelatnas (pelatihan nasional). Yaitu, atletik, kano,  dayung, angkat berat, renang, judo, taekwondo, dan golf,” kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Tono Suratman usai pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Senin (4/3).

Dalam kesempatan itu, Tono didampingi Wakil Ketua Umum KONI Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga dan Organisasi Suwarno serta pengurus lainnya. Kehadiran mereka di kantor Menpora terkait progres persiapan PON yang berlangsung di Papua.


Baca Juga :
- Lolos PON 2020, Tim Voli DKI Penuhi Target
- Jelang PON 2020, Tim Voli DKI Uji Coba Ke Thailand


Di sisi lain, Imam berharap, KONI Pusat berkoordinasi dengan PB PON dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Ini menjadi penting. Untuk memastikan, bahwa kita mempersiapkan dari awal agar tidak ada kebutuhan mendesak terlebih terkait dengan kebutuhan anggaran,” Imam, mengungkapkan.

Menurutnya, posisi Kemenpora dalam hal penganggaran PON adalah fokus pada penyelenggaraan. Itu pun tidak semuanya karena dicampur dengan sebagian PB dan Pemprov Papua.

“Seperti pada PON 2016 di Jawa Barat, kita hanya membantu untuk akomodasi dan transportasi. Selebihnya, membantu KONI dalam hal pengawasan penyelenggaraan PON itu sendiri,” kata Imam.***

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
news