KICK OFF
Rotasi Kunci Sukses Pep
04 March 2019 04:00 WIB
berita
RIYAD Mahrez salah satu yang membuat Manchester City berbeda dibandingkan dengan klub besar Liga Primer lainnya, khususnya dengan Liverpool. Gol Mahrez ke gawang Bournemouth menambah daftar pencetak gol barisan gelandang The Citizens pada musim ini menjadi 39 gol. Bagi Mahrez sendiri, itu gol keenamnya di Liga Primer sejak bergabung dengan The Reds pada awal musim ini.

Barisan pemain tengah City kerap memberikan solusi setiap kali The Citizens membutuhkannya. Mantan pemain Leicester City ini menjadi penentu kemenangan dengan gol satu-satunya yang dia ciptakan dalam laga pekan ke-29 tersebut. City untuk sementara memimpin setelah laga tersebut namun bisa kembali turun ke posisi kedua jika Liverpool menang atas Everton, tadi malam.


Baca Juga :
- Selama Belum Meraih Gelar Liga Primer…
- Tanpa Pogba Harus Cukup bagi Zidane




Yang pasti, City hingga saat ini berhasil memberikan tekanan secara konstan kepada Liverpool. Bagi Mahrez, gol tersebut pun sedikit mengangkat beban terkait statusnya di City. Selama ini, Mahrez memang relatif tidak memiliki jumlah atau kesempatan tampil yang cukup. Dari 23 laga Liga Primer yang telah dilakoninya, hanya 11 kali dia tampil sebagai starter. Wajar jika kemudian sempat muncul pertanyaan kepada Guardiola terkait peran pemain asal Aljazair ini.

Namun, Pep tahu betul bagaimana memaksimalkan pasukannya. Pelatih asal Spanyol ini juga tahu betul kapan waktu yang tepat untuk memberikan jawaban terkait isu Mahrez. Dan, lawan Bournemouth, menjadi pesan yang disampaikan Guardiola bahwa Mahrez tetaplah pemain penting bagi upaya The Citizens meraih gelar musim ini. Apalagi, City memang memiliki jadwal yang padat.


Baca Juga :
- Piala Super Eropa, Jawaban untuk City
- Martial Punya Naluri sebagai Penyerang


Setelah sukses meraih gelar Piala Liga Inggris, mereka pun masih harus bertarung di ajang Liga Champions, Piala FA, dan tentu Liga Primer. Jadi, Guardiola membutuhkan deretan pemainnya untuk tetap fit. Sebenarnya, rotasi bukan hanya berlaku bagi Mahrez melainkan bagi pemain The Citizens lainnya. Vincent Kompany contohnya yang hanya tampil dalam 11 laga Liga Primer dan dari jumlah tersebut hanya tujuh kali dia tampil sebagai starter.

Dan, soal rotasi, Mahrez tentu tahu bahwa ketika dirinya resmi bergabung, dia harus bisa berbagi tempat dengan sayap City lainnya seperti Raheem Sterling dan Leroy Sane. Rotasi dan keputusan taktik, merupakan alasan mengapa Mahrez tidak terlalu banyak mendapatkan kesempatan. Bukan karena hal lain.*Irfan Sudrajat

n
Penulis
nana sumarna
news