ARENA
Gerak Cepat Papua sebagai Tuan Rumah PON dan Peparnas 2020
05 January 2019 16:32 WIB
berita
Gubernur Papua Lukas Enembe optimistis PON dan Peparnas 2020 berlangsung lancar. (Foto: setkab.go.id)
JAKARTA – Gubernur Papua Lukas Enembe memastikan Provinsi Papua tetap sebagai penyelenggara Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI/2020. Menurutnya, Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Peparnas merupakan satu paket. 

Jadi, tidak bisa dipindahkan ke provinsi lain. Apalagi, ini kali pertama bagi Bumi Cendrawasih menyelenggarakan hajatan nasional.


Baca Juga :
- Jelang PON 2020, Tim Voli DKI Uji Coba Ke Thailand
- PON 2020 Prioritaskan Cabor yang Dipertandingkan di Olimpiade




Enembe mengakui, fasilitas penyandang difabilitas belum mewadahi. Namun, mereka akan segera melengkapi.

“Kami sekarang lagi revisi Inpres Nomor 10 tahun 2017. Kami harap semua kementerian bisa terlibat. Apalagi, pada road show lalu, semua kementerian dan lembaga mendukung Papua sebagai tuan rumah PON,” kata Enembe dalam laman resmi.


Baca Juga :
- PON 2020 Pertandingkan 46 Cabor dan 766 Nomor
- Bola Tangan Tak Dipertandingkan di PON 2020, PB ABTI Harap Menpora Turun Tangan


Sebelumnya, Ketua Komite Paralimpik Nasional (NPC) Papua Jaya kusuma, mengakui fasilitas penyandang difabel di Jayapura dan sekitarnya masih minim. Ia mengatakan, venue dengan fasilitas difabel yang ada di Jayapura hanya Stadion Papua Bangkit yang sudah ramah untuk atlet dan penonton disabilitas.

Sementara, hotel dan venue lain belum dilengkai fasilitas difabel yang memadai. Jaya mengaku, hotel juga harus ramah kaum disabilitas.

“Ada standardisasinya kamar dan toilet untuk difabel. Saya melihat di Jayapura masih sangat kurang. Selain itu, juga ruang publik untuk penyandang disabilitas,” Jaya, menambahkan.***

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
news