KICK OFF
Agnelli vs Zhang
07 Desember 2018 04:00 WIB
berita
ANDREA Agnelli, kemarin (6 Desember), boleh jadi telah meniup lilin ulang tahunnya. Presiden FC Juventus tersebut memang berulang tahun yang ke-43. Make a wish? Mungkin, ketika meniup lilin, Agnelli menginginkan Juve akan mengalahkan FC Internazionale, Jumat (7/12) atau Sabtu dini hari WIB. Dia akan berharap I Nerazzurri—julukan Inter—hanyalah kepulan asap lilin yang kemudian menghilang di udara.

Siapa pula Steven Zhang, “bocah” yang hanya berusia 26 tahun sudah berani menantang dirinya? Demikianlah. Agnelli, 43 tahun, lebih tua 17 tahun dibandingkan dengan Zhang, presiden baru Inter. Agnelli adalah pemain lama dalam calcio atau sepak bola Italia. Pria kelahiran Turin, bagian dari dinasti kerajaan Umberto Agnelli sang legenda baik dalam sepak bola Italia maupun sebagai sosok terpandang di Negeri Piza.

Lalu di atas Umberto Agnelli, ada Giovanni Agnelli (paman Andrea) yang juga dikenal dengan panggilan Gianni. Di atasnya lagi ada kakeknya yang lahir pada 1866, yang juga bernama Giovanni Agnelli, pendiri perusahaan mobil ternama, Fiat. Jadi, Juventus tidak akan pernah jatuh ke tangan “orang asing”. Dan, faktor “presiden” dalam Juventus vs Inter yang akan segera terjadi, menjadi perhatian karena dua petinggi masing-masing klub yang memang berbeda generasi: Agnelli vs Zhang.


Baca Juga :
- Drama Pogba Selanjutnya
- Pelik untuk Liverpool



Zhang, walau masih muda, menurut majalah Fortune merupakan penguasaha yang memiliki pengaruh besar di dunia. Dia masuk dalam sosok usia di bawah 40 tahun yang memiliki pengaruh. Di atas Zhang, ada pria yang sangat kuat: Zhang Jindong, bilioner pendiring Suning Holding Group. Kepada anaknya itulah (Steven Zhang), Zhang Jindong memberikan kepercayaan untuk memimpin Inter.

Agnelli telah memimpin Juventus selama lebih dari delapan tahun sementara Zhang baru sekitar sebulan lebih. Dan, bagi Zhang, ini akan menjadi kali pertama sebagai orang nomor satu Inter “tampil” dalam Derby d’Italia. Andrea Agnelli  dalam kehidupannya telah menjadi simbol internasional, di antaranya dengan membawa nama Fiat ke berbagai negara di dunia pada 2011 silam.


Baca Juga :
- Apa Selanjutnya, Persija…
- Apa Selanjutnya, Persija…


Zhang, faktanya, memiliki faktor “termuda” yang unggul. Dia presiden termuda dalam sejarah Seri A, termuda dalam sejarah Inter, pengusaha termuda yang sukses dalam usia yang sangat muda. Zhang adalah orang baru di Seri A. Keluarga Agnelli telah mengurus Juventus sejak 1923, sementara Zhang tentu baru pada 2016 lalu. Hari ini, Juve vs Inter, akan menentukan siapa yang akan unggul. Si pemain lama atau si anak baru.*Irfan Sudrajat

 

n
Penulis
nana sumarna