UMUM
Pelatih Timnas Malaysia Ungkap Kiat Sukses Tendang Thailand dari Piala AFF
06 Desember 2018 11:04 WIB
berita
Tan Cheng Hoe - Foto/Istimewa
BANGKOK - Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, merasa pantas timnya lolos ke final Piala AFF 2018. Ia memuji sikap para pemain yang terus fokus di lapangan, meski mendapatkan tekanan begitu besar.

Malaysia tertinggal dua kali dalam pertandingan melawan Thailand, di semifinal leg kedua, Rabu kemarin malam. Namun skuat Malaysia tetap berjaya bangkit. Fokus yang tinggi telah mengantarkan mereka ke partai puncak Piala AFF 2018.

Malaysia lolos ke final setelah bermain imbang 2-2- di Bangkok itu. Sebelumnya di semifinal leg pertama, Kuala Lumpur, akhir pekan kemarin, skor 0-0. Malaysia melaju dengan keuntungan gol tandang.


Baca Juga :
- Alasan Pelatih Timnas Thailand Tidak Dipecat Usai Gagal di Piala AFF
- Timnas Singapura Akan Ditangani Pelatih Juara Piala Asia 2007 di Jakarta



Di final Malaysia akan menghadapi pemenang semifinal lainnya Vietnam atau Filipina. Semifinal leg kedua Vietnam vs Filipina berlangsung Kamis nanti malam. Untuk sementara agregatnya Vietnam unggul 2-1 di kandang Filipina, pekan kemarin.

Tan Cheng Hoe lantas membuka sedikit cerita bagaimana jalannya pertandingan semifinal leg kedua melawan Thailand. Malaysia dikatakannya benar-benar menderita.

"Selepas kedudukan 1-1 di babak pertama, kami perlu bersikap lebih tenang di permainan. Coba selama mungkin menguasai bola dengan melakukan serangan balik," ujarnya.

"Pemain bisa mengikuti taktik dengan disiplin di babak kedua. Itu adalah keputusan yang menakjubkan." Ikhwalnya karena Malaysia mampu mengejar dua kali ketinggalan.

Puncak penderitaan negeri jiran terjadi saat dijatuhi penalti pada menit 90+6. Artinya tinggal "sedetik" lagi pertandingan akan selesai.


Baca Juga :
- Curi 2 Gol di Kandang Malaysia, Begini Komentar Pelatih Timnas Vietnam
- Reaksi Pelatih Timnas Malaysia Setelah Imbang Lawan Vietnam di Final Leg Pertama


Tapi ternyata tembakan Adisak Kraisorn tidak mampu membawa Thailand unggul. Bola tembakannya menyasar ke Planet Pluto.

"Kami sudah melakuan analisis video bagaimana cara Adisak Kraisorn menendang penalti. Memang kalau penalti itu masuk, Malaysia tersingkir. Tapi ternyata Adisak gagal mencetak gol dari penalti," kata Tan Cheng Hoe.*Ari DP

news
Penulis
Ari DP
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.