news
ASIAN PARA GAMES 2018
Sukses di Asian Games 2018 Jadi Modal Menuju Olimpiade 2020
16 October 2018 20:50 WIB
berita
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersama atlet para swimming Jendi Pangabean usai memberikan dukungan pertandingan di Asian Para Games 2018. (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)
JAKARTA – Asian Games 2018 sudah berakhir sebulan yang lalu. Tepatnya, sejak closing ceremony di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 2 September lalu.

Indonesia berhasil mewujudkan empat kesuksesan (4S) pada pesta olahraga antarnegara Asia tersebut. Itu meliputi, sukses prestasi,  penyelenggaraan,  administrasi, dan ekonomi.




Baca Juga :
- Menaker Hanif Dhakiri Ditunjuk Sebagai Plt Menpora
- Menpora Imam Nahrawi Mundur, Acara Pamitan Sudah Digelar




Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengingatkan, sudah saatnya untuk menyudahi euforia tersebut. Sebab,  menurutnya saat ini Indonesia akan menghadapi dua event penting, yaitu SEA Games 2019 dan Olimpiade 2020.

“Asian Games 2018 ini jadi tonggak kesuksesan Indonesia yang meraih 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Sebagai tuan rumah, kita berhasil menempati peringkat empat di Asia yang jadi sejarah baru,” kata Imam saat jadi pembicara pada Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9), Selasa (16/10).


Baca Juga :
- KPK Tetapkan Menpora Imam Nahrawi Sebagai Tersangka
- Kemenpora dan PB FORKI Diminta Tidak Berpihak Soal Sengketa Lemkari


“Semua ini bukan sesuatu yang tiba-tiba. Ini lewat proses perjuangan panjang, mengorbankan dan kerja keras para atlet, pelatih, asisten pelatih, pengurus cabang olahraga, dukungan pemerintah secara maksimal.”

Pria 45 tahun ini menilai, pemerintah memberikan dukungan dan perhatian penuh. Dari proses pemusatan pelatihan nasional (pelatnas), mendampingi hari per hari saat latihan dan pertandingan, hingga penghargaan atas prestasinya berupa bonus uang yang diberikan sebelum penutupan.

Imam mengakui, jadi atlet memang tidak mudah. Harus betul-betul punya keteguhan hati.

“Kami juga punya peta jalan menuju SEA Games 2019 di Filipina dan Olimpiade 2020 Tokyo. Kita harus mempersiapkan dari sekarang,” Imam, menambahkan.

“Kita bersyukur karena di Asian Games 2018, banyak cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade turut menghasilkan medali. Ini artinya,  ada peningkatan di olahraga yang sangat signifikan.”***

loading...
news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
news
news