UMUM
Tim Jelajah Sepeda Nusantara Tiba di Gorut, Bupati Ikut Bergowes
10 Agustus 2018 18:05 WIB
berita
Indra Jasin juga akan bergowes bersama rombongan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dipimpin oleh Deputi III bidang Pembudayaan Olahraga, Dr. Raden Isnanta M.Pd.
GORONTALO - Sepeda Nusantara akan digelar di Gorontalo, Sabtu (11/8). Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Jasin menyambut bangga program kemenpora itu.

Bukan hanya membuka kegiatan secara resmi, Indra Jasin juga akan bergowes bersama rombongan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dipimpin oleh Deputi III bidang Pembudayaan Olahraga, Dr. Raden Isnanta M.Pd.

Menariknya, tim Jelajah Sepeda Nusantara yang telah mengayuh sepedanya dari perbatasan Entikong, Kalimantan, dipastikan hadir.


Baca Juga :
- Timnas U-16 Juara, Kemenpora Panggil Liga TopSkor
- Taman God Bless Mendadak Disesaki Sepeda Nusantara



"Terimakasih kami ucapkan kepada pihak Kemenpora karen ini merupakan kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami. Dalam usia kabupaten yang baru 11 tahun ini sudah dipilih untuk mengadakan even berskala nasional," ujar Bupati Indra Jasin, Jumat (10/8).

Bupati mengungkapkan banyak pemuda Gorut yang telah mengukir prestasi di tingkat nasional, bahkan ada yang bakal mewakili ke tingkat internasional.

"Kami masih minim fasilitas olahraga dan sarana atau gedung kepemudaan, namun tidak membuat kami patah semangat. Besok juga akan tampil seni tari, yang sebelumnya ranking 1 nasional saat lomba di Surabaya, dan akan mewakili Indonesia ke Korea Selatan," paparnya.

Sementara itu Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dr. Raden Isnanta M.P yang mewakili Menpora Imam Nahrawi mengatakan akan menampung, meneruskan aspirasi Bupati, sekaligus menjelaskan jika ajang Sepeda Nusantara ini juga bagian dari promosi berbagai potensi yang ada di daerah.

"Apa sesungguhnya persoalan olahraga di daerah ini kita tampung, juga sebagai destinasi wisata, mempromosikan wisata daerah, budayanya, alamnya. Olahraga (cakupannya luas) dengan wisata, olahraga dengan budaya, olahraga dengan seni. Olahraga jangan hanya terjebak dengan PON, Asian Games dan lain-lain itu hanya 1/3, selebihnya olahraga yang edukatif," tutur Deputi III Kemenpora Raden Isnanta.

Menurutnya berbagai potensi pemuda harus terus dipacu. "Sport industri, kreativitas. Coba anak-anak muda ini ciptakan kira-kira alat apa yang bisa diproduksi, yang bisa menjadi kreativitas pemuda. Juga olahraga kaitannya dengan wisata, ini harus generasi muda, wisatakan bukan hanya di Bali," ungkap Raden Isnanta.


Baca Juga :
- Tari Topeng dan Barongsai Cilik Sajian Pembuka Sepeda Nusantara Cirebon
- Lintasan Menantang Disuguhkan Sepeda Nusantara Palu

"Generasi muda juga bisa menciptakan Event Organizer. Dalam olahraga ada bisnis jasa dan barang. Anak-anak muda ini harus kita bangkitkan, jangan hanya terjebak ingin jadi PNS, sebab hanya terbatas. Dan Sepeda Nusantara ini yang didalamnya juga ada tim Jelajah Sepeda Nusantara semata-mata kita pun ingin menyatukan semua, semua bersepeda, rodanya sama-sama dua, membangun kebersamaan. Harapan kita setiap minggu masyarakat ke lapangan beraktifitas fisik," ulas Isnanta.

Ditambahkan lagi bahwa umumnya yang menjadi target adalah tidak sekadar prestasi akademis. "Pemuda harus menjadi yang terdepan dalam berperan, jangan hanya pintar secara akademik. Ayo pemuda maju! Olahraga jaya!, " seru Isnanta didampingi Asdep Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo yang disambut para pemuda KNPI, Paskibraka dan organisasi kepemudaan lainnya.*

news
Penulis
Suryansyah