LIGA SPANYOL
Di Barca, Kasih Rakitic Penalti, Jangan Messi Melulu
16 Juli 2018 09:10 WIB
berita
Lionel Messi dan Ivan Rakitic di sebuah laga di Spanyol bersama FC Barcelona. -TopSkor/Istimewa-
BARCELONA – Saat perhelatan Piala Dunia 2018 berlangsung, seluruh klub elite Eropa memerhatikan performa pemainya yang sedang membela negaranya masing-masing. Dinilai dan dievaluasi untuk kepentingan klub saat mereka kembali.

Termasuk FC Barcelona. Ada 15 pemain FC Barcelona yang berlaga di Rusia. Sudah pasti Lionel Messi untuk Argentina. Bahkan, ada pula yang masuk final. Samuel Umtiti (Prancis) dan Ivan Rakitic (Kroasia).

Rakitic dapat catatan khusus selama penampilannya di Piala Dunia 2018. Gelandang 30 tahun itu tampil konsisten dan jadi penopang utama lini tengah Kroasis. Namun, ada satu catatan menarik dari Rakitic.


Baca Juga :
- Bungkam Girona 2-0, Sevilla Sejajar dengan Barcelona di Puncak
- Prediksi Sevilla Vs Girona: Kembali ke Jalur Kemenangan



Selain mampu mengendalikan permainan, mantan pemain Sevilla itu juga jago mengeksekusi penalti. Tercatat dia sangat tenang mengonversi kesempatan penalti saat lawan Rusia dan Denmark.

Sebaliknya, penyakit gagal penalti kembali dialami Messi. Di laga pertama lawan Islandia, Messi gagal mengeksekusi penalti. Kini, saatnya pelatih Barca Ernesto Valverde mengubah peran Rakitic sebagai eksekutor utama penalti.

Terorientasi kepada Messi kerap membuat para pelatih Barca melimpahkan semua tugas kepadanya. Padahal, dari 104 eksekusi penalti yang pernah diambil Messi, ada 24 yang gagal.


Baca Juga :
- 5 Gol Tandang Terbaik Barcelona Kontra Espanyol
- Jadi Skuat Inti U-16 Leganes Spanyol, 2 Remaja Indonesia Ini Berharap Main di La Liga


Kini, sudah saatnyakah Rakitic yang memanfaatkan hadiah dari wasit itu jadi gol. Bukankah Messi sudah kenyang diberi kesempatan.*

 

D
Penulis
Dedhi Purnomo