FORMULA 1
Red Bull Pakai Mesin Honda di Musim 2019!
19 Juni 2018 16:45 WIB
berita
Foto: Istimewa
MARSEILLE - Kabar mengejutkan datang jelang gelaran Formula 1 GP Prancis. Tim Aston Martin Red Bull Racing memutuskan untuk menggunakan mesin Honda di musim 2019.

Keputusan mengejutkan ini datang jelang digelarnya GP Prancis pada Minggu (24/6). Keputusan ini disampaikan langsung oleh kepala tim Red Bull, Christian Horner.

Di musim ini sendiri, Honda telah menjadi bagian dari tim satelit Red Bull di F1, Toro Rosso. Toro Rosso tampil mengesankan di beberapa balapan sejak menggunakan mesin buatan pabrikan asal Jepang itu.


Baca Juga :
- Terjatuh di Valencia, Marquez Sebut Itu Kesalahan Terbesarnya
- Balapan MotoGP Valencia Dihentikan Sementara!



"Kerja sama dengan Honda ini menjadi permulaan dari ambisi kami yang sebenarnya. Bukan lagi memenangkan balapan, tapi memenangkan gelar juara," tutur Horner.

"Kami selalu membuat keputusan seperti ini jika kami yakin. Yakin dengan hasil yang akan ditunjukkan. Setelah dengan hati-hati mempertimbangkan hal ini, kami memutuskan untuk menjadikan Honda sebagai partner kami," tambahnya.

Selain itu, Horner juga mengatakan dirinya kagum dengan komitmen yang ditunjukkan Honda di beberapa musim terakhir. Walaupun sempat dilanda kekacauan saat memutuskan kembali ke ajang F1, Honda tetap mengejar impian mereka.

"Kami dan saya secara pribadi terkesan dengan komitmen yang diberikan Honda untuk F1. Mereka memiliki ambisi yang sama dengan kami, dan kami sudah tidak sabar ingin meraih gelar juara bersama mereka," ucap Horner.


Baca Juga :
- Jelang MotoGP Valencia, Pedrosa Dianugerahi Status Legenda
- Demi Balapan di Kelas Elektrik MotoGP, Rider Ini Sudahi Masa Pensiun


Di musim perdana Honda saat memutuskan untuk kembali ke Formula 1, kegagalan mesin menjadi permasalahan sehari-hari Honda saat mereka memutuskan untuk bekerja sama dengan McLaren. Namun, di musim ini bersama Toro Rosso, sepertinya masalah mesin hanyalah sebuah masa lalu bagi Honda.

Di musim ini sendiri, Red Bull menggunakan mesin Renault. Banyak orang yang menyangka, dengan mengubah namanya menjadi Aston Martin Red Bull Racing, Red Bull akan menggunakan mesin dari Aston Martin di musim depan, karena pabrikan mobil asal Britania Raya itu sempat menyatakan tertarik untuk memasok mesin mobil F1. ***

M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah