PIALA DUNIA 2018
10 Pemain Termahal di Piala Dunia: Neymar Kalahkan Ronaldo dan Messi
13 Juni 2018 23:09 WIB
berita
Neymar termahal dunia
MOSCOW - Piala Dunia 2018 menjadi teater para pemain bintang. Siapa yang menjadi pelakon utama tentu bisa disimak sebulan penuh sejak 14 Juni hingga 15 Juli. 

Gugusan para bintang itu tentu punya nilai jual. Kaki dan kepala emas mereka sangat mahal. Brasil sedikitnya menyumbang 2 dari 10 pemain dengan nilai termahal dari 32 kontestan di Rusia.

Seperti dijabarkan kontributor Forbes, Robert Kidd, Neymar menempat peringkat pertama sebagai pemain termahal. Dalam laporannnya, Kidd tak hanya melihat nilai kontrak, juga biaya transfer kumulatif. 


Baca Juga :
- Rafaella Beckran, Adik Neymar, Jatuh Cinta di Rusia
- Thiago Silva Bertengkar dengan Neymar, Begini Pengakuannya



Kidds menggabungkan semua biaya transfer sepanjang karier, berdasarkan harga di laman transfermarkt.com dan laporan berita. 

Neymar Jr menjadi  pemain termahal, dengan nilai transfer 222 juta euro (Rp 3,6 trilun), saat Paris Saint-Germain (PSG) membelinya dari Barcelona musim panas lalu. Klub juga membayar sang pemain hingga total dana yang harus dikeluarkan PSG mencapai 310 euro (Rp 5,1 triliun).

Neymar adalah salah satu dari dua Brasil dan enam pemain Amerika Selatan yang masuk daftar 10 pemain termahal di Piala Dunia 2018. 

Sementara itu, penyerang Portugal Cristiano Ronaldo menduduki 10 besar. Tapi, bintang Argentina Lionel Messi justru tidak masuk, karena telah bermain untuk Barcelona sejak usia 13 tahun. 

Barcelona dan PSG memiliki pemain paling banyak dari daftar pemain termahal, yakni masing-masing tiga pemain.

Berikut 10 bintang termahal di Piala Dunia 2018 versi Forbes:

1. Neymar (Brasil) - 310 juta euro (Rp 5,1 triliun)
Neymar memecahkan rekor transfer dunia ketika pindah ke PSG dari Barcelona musim panas lalu. Nilainya akan terus naik jika Real Madrid berhasil memboyongnya.

2. Kylian Mbappe (Prancis/PSG) - 180 juta euro (Rp 2,9 triliun)
Mbappe yang berusia 19 tahun baru sekali pindah klub. Tapi, PSG berani mengeluarkan total 180 juta euro kepada AS Monaco.

3. Angel Di Maria (Argentina) - 179 juta euro (Rp 2,9 triliun)
Di Maria melengkapi pemain PSG yang masuk tiga besar. Winger Argentina ini menerima pinangan klub-klub sebelumnya, Benfica, Real Madrid, dan Manchester United, dengan biaya transfer yang lumayan besar. Pada Agustus 2014 dia pindah dari Madrid ke United senilai 75 juta euro. Kemudian dilego ke PSG pada musim panas berikutnya seharga 63 juta euro.

4. Gonzalo Higuain (Argentina) - 141 juta euro (Rp 2,3 triliun)
Juventus membayar Napoli untuk striker mematikan pada tahun 2016 senilai 90 juta euro atau setara Rp 1,4 triliun. Sebelumnya, Napoli merekrutnya dari Real Madrid senilai 39 juta euro.

5. James Rodriguez (Kolombia) - 140 juta euro (Rp 2,3 triliun)
Gelandang kreatif ini memiliki nilai transfer besar dari Porto dan AS Monaco. Sayangnya, dia frustrasi selama Real Madrid dipoles Zinedine Zidane. Pemain 26 tahun ini kemudian dibuang Bayern Muenchen dengan status pinjaman.

6. Romelu Lukaku (Belgia) - 138 juta euro (Rp 2,2 triliun)
Dia menjadi pemain Liga Inggris semata wayang yang masuk daftar 10 bersar.  Penyerang Manchester United ini disunting dari Everton dengan nilai 85 juta euro (Rp 1,4 triliun).

7. Philippe Coutinho (Brasil) - 136 juta euro (Rp 2,2 triliun)
Dia pemain Brasil kedua setelah Neymar yang bertengger di 10 besar. Penyerang Barcelona bergabung dari Liverpool dengan nilai transfer 120 juta euro (Rp 1,9 triliun).

8. Ousmane Dembele (Prancis) - 130 juta euro (Rp 2 ,1 triliun)
Pemain depan Prancis berusia 21 tahun itu dikaitkan akan angkat kaki dari Barcelona setelah musim debut yang mengecewakan. Dia tiba di Camp Nou dengan nilai transfer 105 juta euro (Rp 1,7 triliun) dari Borussia Dortmund.


Baca Juga :
- Alba: Saya Bingung Kritik Terhadap Messi
- Messi atau Ronaldo? Jangan Tanya ke Abel atau Reihan

9. Luis Suarez (Uruguay) - 116 juta euro (Rp 1,9 triliun)
Luis Suarez dijual oleh Liverpool ke Barcelona untuk biaya uang besar - transfer keempat dalam kariernya. Suarez memiliki total biaya transfer yang sama dengan striker Spanyol Alvaro Morata, tapi pemain Chelsea itu tidak dipilih dalam skuat negaranya.

10. Cristiano Ronaldo (Portugal) - 113 juta euro (Rp 1,8 triliun)
Dia pemain yang berkibar sepanjang kariernya. Biaya transfernya melonjak sejak dibeli Madrid 94 juta euro dari Manchester United pada 2009. Spekulasi rencana kepindahannya dari Madrid yang diantarnya meraih tiga trofi Liga Champions beruntun, terus berkembang. Jika dia benar-benar cabut, tentu akan menjadi mega transfer musim 2018/2019.*Suryansyah

news
Penulis
Suryansyah