KICK OFF
MSF Lebih Baik daripada BBC
04 Mei 2018 04:00 WIB
berita
FINAL Liga Champions 2017/18 telah diketahui. Real Madrid vs Liverpool. Ini adalah final antara dua kepentingan. Madrid yang berambisi meraih gelar tiga kali beruntun dan Liverpool yang sudah lama menantikan trofi ini setelah kali terakhir meraihnya pada 2004/05. Laga yang akan digelar pada 26 Mei nanti, mempertemukan dua klub yang memiliki produktivitas gol mengesankan. Madrid sang juara bertahan dengan 30 gol sedangkan Liverpool 10 gol lebih banyak (40 gol) dibandingkan dengan Los Merengues.

Dari selisih gol, The Reds praktis lebih baik yaitu 27 gol sedangkan Madrid tampil di final dengan selisih 15 gol. Liverpool hanya kemasukan 13 gol sedangkan Madrid 15 gol. Dan, bukan kebetulan pula, sukses Liverpool ke final seperti mengentalkan kesan bahwa era BBC trio Madrid (Karim Benzema, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo) telah berakhir. Setidaknya, jelang final ini. Ya, Liverpool memiliki tridente menakjubkan.

Faktor trio lini depan inilah (Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino), yang membuat pasukan Juergen Klopp berhasil mewujudkan harapan suporter untuk melangkah ke final. Trio MSF yang memiliki kontribusi besar dari sukses tersebut. Dengan gol yang diciptakan Mane pada laga kedua semifinal, trio Liverpool total telah menorehkan 29 gol dalam Liga Champions musim ini. Jumlah tersebut mematahkan produktivitas trio BBC pada 2013/14.


Baca Juga :
- Mempertanyakan Mou
- The Last Man Standing



Saat itu, trio BBC memang dalam performa terbaik dengan menorehkan 28 gol. Ronaldo mencetak 17 gol saat itu, Bale enam gol, dan Benzema lima gol. Kini, ketiganya bukan lagi tridente terbaik karena MSF lebih produktif. Salah mencetak 10 gol, Firmino 10 gol, dan Mane sembilan gol. Jika ukurannya adalah produktivitas klub, Liverpool bahkan menorehkan rekor sebagai tim terproduktif setelah mencetak 46 gol dari 14 laga sepanjang musim ini di Liga Champions.

Jumlah tersebut membuat mereka mengalahkan Barcelona pada 1999/00. Ketika itu, Los Azulgrana mencetak 45 gol dari 16 laga. Lalu, dengan dua gol ke gawang Roma dalam laga tandang, mereka telah mencetak 20 gol pada pertandingan tandang. Jumlah tersebut membuat Liverpool menyamai pencapaian gol tandang Madrid pada 2013/14. Madrid akan datang ke Kiev dengan rekor tiga kali final beruntun atau keempat dalam lima tahun terakhir.

Meski demikian, dari penampilan Madrid menuju final, performa mereka saat lawan Bayern Muenchen pada semifinal cukup mengkhawatirkan. Pada pertandingan tersebut, jelas Muenchen bermain lebih baik. Ya, lebih baik, baik itu pada pertandingan pertama maupun kedua. Laga kedua yang digelar di kandang, Stadion Bernabeu (imbang 2-2), memperlihatkan bahwa Madrid justru kesulitan meraih kemenangan di kandang mereka.

Di La Liga contohnya. Dalam dua laga awal, pasukan Zinedine Zidane imbang dalam dua laga beruntun yaitu lawan Valencia dan Levante. Bahkan, mereka takluk dari Real Betis dalam laga kandang selanjutnya (pekan ke-5). Di fase grup menghadapi klub seperti Tottenham Hotspur, Madrid juga hanya imbang. Dan, lawan Juventus, mereka takluk. Itulah sedikit catatan dari sang finalis, sang juara bertahan musim ini: Madrid.


Baca Juga :
- Rooney Idealnya Tidak Dipanggil
- Jangan Ragukan Tim Garuda


Itu hanya sebagian dari persoalan yang terjadi dalam atmosfer Los Merengues. Namun, semuanya, untuk sementara berhasil ditutupi oleh sukses mereka ke final. Karena itu, Madrid harus juara Liga Champions 2017/18. Dengan meraih gelar ini untuk kali ketiga secara beruntun, semua persoalan tersebut akan selesai. Sebaliknya, jika gagal, ini akan menjadi pukulan telak bagi Ronaldo dan kawan-kawan.

Dan, misi tersebut tidak akan mudah karena mereka menghadapi Liverpool, tim yang dalam kondisi terbaik saat ini. Trio MSF nyaris unggul dari semua aspek dibandingkan BBC. Selain soal gol, Salah, Firmino, dan Mane total memberikan 12 assist. Sedangkan BBC total hanya lima assist. Perbedaan ini memperlihatkan kerja sama dan permainan sebagai bagian dari tim MSF lebih baik dibandingkan dengan BBC.*Irfan Sudrajat

n
Penulis
nana sumarna