UMUM
AFF Cup U16 Putri: Indonesia Terapkan Counter Attack Lawan Thailand
02 Mei 2018 07:40 WIB
berita
Foto bersama peserta grup A AFF Cup Girls 2018, dua dari kiri Ketua Asosiasi Sepakbola Wanita Papat Yunisal (dua dari kiri)/ foto agustian
PALEMBANG -  AFF Cup U16 Girls Championship 2018 (turnamen sepak bola wanita), digelar selama dua pekan mulai 1-13 Mei 2018, di Stadion Bumi Sriwijaya dan Lapangan Sepak Bola Venue Atletik Jakabaring.

Timnas putri Indonesia  akan melawan Thailand pada Rabu (2/5) di Grup B. Indonesia akan menerapkan taktik counter attack menghadapi negara juara sepak bola wanita AFF U15  tahun lalu.

Pelatih timnas putri Indonesia Rully Rudolf Nere mengatakan, calon lawannya Thailand merupakan negara yang sepak bola wanitanya sudah masuk level dunia, dan telah memiliki pembinaan  yang  berjalan baik.


Baca Juga :
- Kesan Pelatih Timnas U-23 Korea Selatan Setelah Hadapi Indonesia
- Pemain Timnas U-23 Minta Suporter Jangan Nyinyir



"Kompetisi sepak bola wanita mereka bagus, tahun 2017 mereka juara AFF 2017 U15, tapi kami sudah siap melawan mereka," jelas Rully, Selasa (1/5).

Rully sudah mengintip kekuatan Thailand dalam beberapa pertandingan, dan timnya sudah dilatih taktik menghadapi Thailand. "Mereka suka bermain 4-4-2 tapi terkadang mengganti menjadi 2-4-4 mereka bermain mengandalkan sayap. Nah menghadapi tim seperti ini, kami sudah latihan bertahan dan akan memanfaatkan counter attack saat ada celah," ucap pelatih asal Papua ini.

Secara teknis melawan Thailand, ia tidak terlalu mengkhawatirkan, timnya juga menghadapi turnamen ini sudah latihan sekitar lima pekan. Namun soal non teknis yaitu cuaca di Palembang yang menjadi kendala timnas putri Indonesia.

"Kami latihan di Jakarta dan di Palembang berbeda, di Palembang cuaca panas, hari ini saja (kemarin) ada tiga pemain yang terkena radang tenggorokan dan langsung kami minta istirahat," ujarnya.

Rully tak punya target khusus dalam event ini, dirinya hanya ingin mengangkat sepak bola wanita di Indonesia lebih baik lagi. Karena selama ini banyak atlet sepakbola wanita berlari ke futsal.

"Mudah-mudahan dengan event AFF ini, minat di cabang olahraga sepak bola wanita kembali muncul lagi," katanya. 

Sementara itu, Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia, Papat Yunisal menambahkan, secara kualitas tak bisa dipungkiri Thailand lebih baik dari Indonesia, namun dalam laga ini ia hanya meminta para pemain Indonesia tidak memberikan peluang pemain Thailand untuk melakukan shooting.

"Saat bertanding, pemain Thailand  menguasai bola tak ada jeda. Pembinaan sepak bola putri mereka sudah lama dan  masuk Piala Dunia. Bahkan tim U16 yang mereka turunkan sekarang, sudah dibina sejak usia 10 tahun, bukan baru dibentuk usia 16 tahun. Tapi saya yakin tim kami bisa mengimbangi mereka," kata Papat.

Seperti diketahui, event ini diikuti sembilan Negara dan terbagi di dua grup A dan B, grup A dihuni Vietnam, Myanmar, Singapore, Malaysia dan Philippines. Grup B dihuni Thailand, Indonesia, Cambodia dan Laos.***

Hasil Pertandingan 1 Mei 2018

Grup A :


Baca Juga :
- Komentar Luis Milla Usai Timnas U-23 Indonesia Kalah dari Korea Selatan
- Drama Injury Time Babak Kedua, Timnas U-23 Indonesia Kalah dari Korea Selatan

Vietnam 0-0 Myanmar: Stadion Bumi Sriwijaya
Singapura 3-3 Malaysia: di Lapangan Sepakbola Atletik Jakabaring

Jadwal Pertandingan 2 Mei 2018
Grup B :

Thailand vs Indonesia di  Stadion Bumi Sriwijaya
Cambodia vs Laos di Lapangan Sepakbola Atletik Jakabaring

news
Penulis
Agustian Pratama
Social Media Twitter/Facebook/Instagram/Youtube just search = Agoes TopSkor