FORMULA 1
Disarankan Lebih Tenang Saat Balapan, Verstappen: Itu Tidak Perlu
16 April 2018 17:00 WIB
berita
Foto: F1
SHANGHAI - Pembalap Aston Martin Red Bull Racing, Max Verstappen, mengatakan dirinya tidak perlu menjadi seseorang yang tenang saat balapan. Di GP Cina Minggu (15/4) kemarin, mobil Verstappen mengenai mobil Ferrari Sebastian Vettel, dan mengakibatkan Verstappen finis di urutan kelima.

Di musim ini, banyak pundit Formula 1 mengatakan gaya mengemudi Verstappen termasuk gaya mengemudi yang agresif. Jika di MotoGP kemarin ada sosok Marc Marquez, kini sosok agresif di Formula 1 bisa ditemukan dalam diri Max Verstappen.

Juara dunia Formula 1 2016, Nico Rosberg, bahkan sampai mengingatkan Verstappen mengenai gaya mengemudi agresifnya itu.


Baca Juga :
- Jelang Balapan GP Monaco, Toto Wolff Sebut Ferrari dan Red Bull Jadi Favorit
- Marc Marquez Akan Terjun ke Formula 1



"Saya harap insiden dengan Sebastian Vettel menjadi pelajaran berharga bagi Max (Verstappen), karena, tidak semua momen merupkan peluang untuk melakukan overtake," ucap Rosberg.

Verstappen memang sudah sering diberikan peringatan agar lebih 'tenang' saat balapan. Jangan sampai, gaya agresifnya itu bisa mencelakai pembalap lain di Formula 1.

Namun, seakan bebal setelah peringatan dan masukan yang didapatnya, Verstappen mengatakan dirinya tidak perlu menenangkan diri saat balapan. Dirinya mengaku insiden dengan Vettel merupakan kesalahannya, tapi tidak ingin menjadi pemuda yang lebih 'tenang' saat balapan.

"Saya tahu mereka sedang kesulitan dengan ban mereka, jadi saya mencoba untuk mengerem dengan telat dan mengunci ban belakang saya. Namun kemudian saya menabrak mobilnya, dan tentu itu adalah kesalahan saya," ucap pembalap muda tersebut.

"Namun tiba-tiba anda semua melabeli saya sebagai pembalap agresif. Ya, memang mudah sih memberikan komentar seperti itu, tapi apakah saya perlu lebih tenang saat balapan? Saya rasa itu tidak perlu."


Baca Juga :
- Hamilton Juara, Berikut Hasil Lengkap Formula 1 GP Spanyol
- Hamilton Jadi Juara Formula 1 GP Spanyol

Label yang didapat Verstappen cukup beralasan. Seminggu sebelumnya, di GP Bahrain, Verstappen terlibat dalam insiden dengan mobil Mercedes Lewis Hamilton. Ban belakang Verstappen menabrak bagian depan mobil Hamilton, dan mengakibatkan pembalap asal Belanda itu gagal finis.

Hamilton bahkan dipercaya berkata kasar seusai balapan karena gaya mengemudi agresif Verstappen. ***

M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah