ASIAN GAMES 2018
INASGOC Buka Akreditasi untuk Liput Asian Games 2018
14 Maret 2018 19:07 WIB
berita
Direktur Media & PR INASGOC Ratna Irsana memberi penjelasan kepada puluhan jurnalis yang hadir terkait akreditsasi (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)
JAKARTA - Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games XVIII/2018 (INASGOC) membuka akreditasi untuk jurnalis yang meliput. Setiap media di Tanah Air mendapat kuota maksimal delapan wartawan. 

Itu meliputi jurnalis, fotografer, videografer, hingga kameramen. Pendaftaran untuk akreditasi pesta olahraga antarnegara Asia ke-18 itu dibuka sejak hari ini hingga 18 Maret mendatang.

"Seperti test event sebelumnya, akreditasi untuk Asian Games 2018 juga nyaris sama. Yang menentukan lolos atau tidak dari 10 lembaga," kata Direktur Media & PR INASGOC Ratna Irsana dalam media briefing di Wisma Serba Guna, Rabu (14/3).


Baca Juga :
- Bridge Optimistis Raih 2-3 Emas di Asian Games 2018
- Dari Flores Menuju Asian Games 2018



Yang dimaksud dari 10 lembaga itu terkait screening untuk akreditasi. Itu meliputi:

1. BIN Deputi dalam negeri
2. BIN Deputi luar negeri
3. BIN Deputi kontra intelijen
4. BNN
5. Dukcapil
6. Pusinafis (Pusat Indonesia Automatic Fingerprint Identification System)
7. Densus 88
8. Divhub interpol
9. Imigrasi
10. Baintelkam

"Jadi, mereka yang akan menyeleksi sesuai dengan fungsi masing-masing. Misalnya, di dalam negeri dengan Dukcapil yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendag)," Ratna menjelaskan secara rinci kepada puluhan jurnalis yang hadir.

Menurut wanita yang terlibat dalam suksesnya SEA Games 2011 itu, ada sembilan alur untuk akreditasi media. Kendati ketat, prosesnya sangat mudah dipahami.


Baca Juga :
- Catat, Kawasan GBK Tertutup untuk Kendaraan Saat Asian Games 2018
- Renang Targetkan Emas di Asian Games 2018

"Dimulai dengan undangan yang disebar kemarin hingga deadline pada 19 Maret mendatang. Untuk batas terakhir via email pada 14 April. Sementara, pre valid card divalidasi di Main Press Center JCC mulai 10 Agustus," lanjut Ratna.

Asian Games 2018 berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang di Jakarta dan Palembang. Ini kali kedua Indonesia jadi tuan rumah setelah 1962 silam yang terpusat di ibu kota dengan tonggak berdirinya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).***

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87