BULUTANGKIS
Jadwal Babak Pertama All England 2018 untuk Wakil Indonesia
14 Maret 2018 00:03 WIB
berita
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon siap mengembalikan kejayaan Indonesia di All England 2018 (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)
BIRMINGHAM – All England 2018 bergulir mulai hari ini sejak babak pertama di Arena Birmingham, Inggris mulai pagi (14/3) waktu setempat. Kehadiran turnamen bulu tangkis tertua di dunia ini tentu disambut antusias segenap pencinta olahraga tepok bulu di kolong langit.

Termasuk, di Indonesia dengan publik sangat menunggu aksi wakil terbaik Merah-Putih pada turnamen berhadiah total 1 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 13,7 miliar. Bisa dipahami mengingat Indonesia memiliki sejarah manis di All England.

Dalam sejarahnya, sudah 45 kali trofi All England dibawa pulang wakil Merah-Putih. Ganda putra jadi penyumbang gelar terbanyak hingga 19 kali diikuti tunggal putra (15), ganda campuran (5), ganda putri (4), dan tunggal putri (2).


Baca Juga :
- Resmi, Blibli.com Gantikan BCA sebagai Sponsor Utama Indonesia Open 2018
- Ini Titipan Presiden Jokowi kepada Kevin/Marcus



Tahun lalu, ganda putra mempersembahkan trofi lewat Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Pasangan yang akrab disapa Minions ini kembali diandalkan untuk mempertahankan gelar.

Apalagi, Kevin/Marcus dalam kondisi terbaik. Mereka merupakan unggulan pertama All England 2018 sekaligus peringkat satu dunia BWF.

Selain Kevin/Marcus, Indonesia juga memiliki tiga wakil yang masuk daftar unggulan. Yaitu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sebagai unggulan pertama pada ganda campuran, Praveen Jordan/Debby Susanto (ganda campura #4), dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri #6).

Keberadaan empat unggulan itu diharapkan mampu mempersembahkan yang terbaik untuk Tanah Air. Federasi Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menargetkan minimal satu gelar dari 14 wakil yang berpartisipasi di All England 2018 ini.

Itu diakui Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres PBSI) Susy Susanti. Menurutnya, Kevin/Marcus diandalkan untuk mempertahankan gelar tahun lalu.

“All England jadi salah satu target PBSI pada BWF World Tour Super 1000. Semoga kami bisa memenuhi target satu gelar dari turnamen ini,” kata Susy dalam jumpa pers di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (1/3).

Sosok yang semasa jadi pemain sukses meraih empat gelar di All England ini optimistis minimal memenuhi target satu gelar. Namun, Susy yakin, tidak tertutup kemungkinan Indonesia membawa pulang lebih dari satu trofi dari Birmingham, Inggris tersebut.

“Semua atlet pastinya mau lebih. Setiap sektor punya target masing-masing. (Meski) saat ini, ganda putra memang paling stabil. Meski begitu, sektor ganda campuran, ganda putri, dan tunggal putra juga punya peluang,” Susy, menambahkan.***
 

Jadwal Wakil Indonesia pada Babak Pertama All England 2018

Tunggal Putra
Jonatan Christie Vs Wong Wing Ki Vincent (HONGKONG)
Tommy Sugiarto Vs Anthony Sinisuka Ginting

Tunggal Putri
Fitriani Vs Sonia Cheah (MALAYSIA)

Ganda Putra
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (#1) Vs Angga Pratama/Rian Agung Saputro
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (MALAYSIA)
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan Vs Jacco Arends/Ruben Jille (BELANDA)


Baca Juga :
- Ternyata, Ini Lawan yang Bikin Kevin/Marcus Penasaran
- Kevin/Marcus Ukir Sejarah, Satu-satunya yang Mampu Tembus 100.000 Poin

Ganda Putri
Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani Vs Chloe Birch/Jessica Pugh (INGGRIS)
Greysia Polii/Apriyani Rahayu (#6) Vs Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva (BULGARIA)
Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta Vs Chang Ye Na/Hye Rin Kim (KOREA SELATAN)

Ganda Campuran
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (#1) Vs Evgenii Dremin/Evgenia Dimova (RUSIA)
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjadja Vs Zhang Nan/Li Yinhui (CINA #8)
Praveen Jordan/Debby Susanto (#4) Vs Lee Yang/Hsu Ya Ching (TAIWAN)

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87