LIGA TOPSKOR
Seniman Lapangan Hijau
14 Maret 2018 04:14 WIB
berita
Muhammad Zidan Fardinan - TopSkor/Ady Sesotya
BOCAHNYA periang. Tidak banyak omong, tapi sekalinya bicara membuat orang tertawa. Ia juga tak sungkan untuk berbaur, meski dengan orang yang baru dikenal. Dia tak lain adalah Muhammad Zidan Fardinan, gelandang serang Sukmajaya.

Zidan senang bukan kepalang ketika tahu namanya berada di daftar teratas tabel pemain terbaik Divisi Utama Hansaplast Liga TopSkor (HLTS) U-13 musim 2017/18 pekan ke-21.  “Kaget pastinya. Enggak percaya sebelumnya setelah pelatih memberitahu soal ini. Tapi yang pasti saya bersyukur, bisa dapat ini juga berkat rekan-rekan satu tim,” kata Zidan. “Teman-teman di Bandung juga kasih selamat setelah mereka lihat foto saya di koran.”

Meski bertubuh kecil, tapi Zidan punya cita-cita besar. Tidak cuma bisa memperkuat timnas, ia berharap bisa membawa Indonesia tampil di pentas dunia. Tapi untuk mencapai itu, ia sadar jalan masih panjang dan berliku. Butuh konsistensi dan kemauan keras untuk terus berlatih dan berlatih.


Baca Juga :
- TSI Tidak Pilih Lawan di 8 Besar
- Diandra Bawa TSI ke 8 Besar



“Semoga dari Liga TopSkor saya bisa mendapat pengalaman bertanding yang sangat berharga untuk bekal saya ke depan,” ujar pengidola alumni Liga TopSkor Andre Oktaviansyah yang saat ini memperkuat timnas U-16 itu.

Ibarat mata uang, Zidan punya dua sisi berbeda. Di luar lapangan, sosoknya sangat humanis. Tapi ketika bertanding, ia sangat disegani. Dalam hal ini, kualitas olah bola Zidan akan sangat merepotkan lawan. Liukannya saat menguasai bola begitu lentur, mirip Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid saat masih aktif bermain.

Kebetulan nama Zidan juga karena sang ayah Deni sangat mengidolai, bintang timnas Prancis di eranya tersebut. “Ayah dulu pemain bola berposisi bek. Makanya perpaduan nama saya Zidan dan Ferdinan bek MU. Ayah inginnya saya jadi pemain belakang. Eh malah lebih sering main sebagai gelandang serang,” Zidan menuturkan.

Seperti dikatakan pelatih Sukmajaya Supriyadi, Zidan adalah seniman di lapangan hijau.
Sebab, ia selalu menunjukkan permainan yang menghibur. Ia tak segan mengelabui pemain lawan lewat aksi-aksi individunya. “Ia sangat berpengaruh di dalam tim ini. Keistimewaannya adalah tenang saat menguasai bola. Pandangannya juga luas,” kata Supriyadi.*Furqon Al Fauzi


Biodata 
Nama                : Muhammad Zidan Fardinan
TTL                   : Bandung, 25 April 2004
Usia                  : 13 tahun
Ibu                    : Nurpaida
Ayah                 : Deni
Sekolah            : SMP Cipta Cendikia
Pemain idola    : Coutinho, Messi, dan Andre Oktaviansyah
Klub Idola         : Persija dan Barcelona

Karier SSB
Sukmajaya
UNI Bandung    
Cipta Cendikia


Baca Juga :
- LTS U-15 Hadapi Ricks Sayati di Laga Pertama Festival Football Plus U-16
- TSG Tetapkan 24 Pemain Pilihan

Prestasi
Pemain Terbaik Piala Wiranto 2013, 2016
Pemain Terbaik Piala So Nice 2014
Pemain Terbaik Piala Pikiran Rakyat 2014
Pemain Terbaik Pengcab PSSI Bandung 2015
Player of the week Liga TopSkor Pekan Ke-21


 

n
Penulis
nana sumarna