TOP FEATURE OLIMPYC
Olahraga Penuh Aktraksi Akrobatik yang Diiringi Musik
10 Maret 2018 04:09 WIB
berita
Bossaball - TopSkor/Istimewa
SEKILAS seperti permainan bola voli. Namun, dalam permainannya ada gerakan-gerakan sepak bola, seperti menahan bola memakai bagian dada sampai menggunakan kaki untuk melakukan smes dengan bergaya salto. Deskripsi itu adalah sebagian kecil dari ciri-ciri olahraga bossaball yang diciptakan atau dikembangkan pada 2003-2005 oleh Filip Eyckmans, pria berdarah Belgia yang tinggal di Spanyol.

Sesuai denga kata ‘bossa’ yang diterjemahkan sebagai gaya, bakat, atau sikap di Portugis, tapi sering dikaitkan dengan samba atau bossa nova alunan musik Brasil. Diartikan pula sebagai ‘ball’ yang berarti bola. Semua aktivitas ini jadi penggabungan antara music dan sepak bola.

Salah satu keunikan pada olahraga bossaball adalah pemakaian trampolin sebagai arena pertandingan. Jika pada dasarnya setiap pertandingan hanya sorak sorai pendukung yang terdengar, bossaball menggunakan suara musik sebagai irama dalam bertanding. Musik yang berirama enerjik ini memacu semangat dalam pertandingan, terlebih untuk mengeluarkan kemampuan akrobatik yang beragam.


Baca Juga :
- Berlari sambil Berpikir tapi Naik Podium
- Melawan Arus demi Kesuksesan



Dalam olahraga bossaball ada dua tim yang bermain. Masing-masing tim memiliki tiga-lima pemain. Setiap tim bossaball biasanya dimainkan oleh pria atau campuran antara pria dan wanita. Olahraga bossaball membebaskan kreativitas pemain dalam melakukan permainannya melalui tangan, kaki, maupun kepala. Namun, aturan sentuhan yang boleh digunakan yaitu maksimal lima kali saja sebelum menyerang lawan. 

Arena bossaball yang beralaskan trampolin memiliki tiga bagian yaitu luar, dalam, dan bagian loncatan untuk berakrobatik. Ketinggian jaring dapat disesuaikan tergantung kepada tim yang sedang bermain. Tim mendapatkan poin dengan mencetak atau dari kesalahan yang dilakukan pihak lawan. Dengan terdiri dari tiga-lima set, tim harus mengumpulkan 25 poin untuk memenangkan pertandingan di setiap babaknya.


Baca Juga :
- Lempar Parasut, lalu Terjun Mengejarnya
- Si Cantik yang Merasa Bebas saat Meluncur

Pengumpulan poin-poin dalam trampolin ada dua cara. Pertama, tim mendapat tiga poin jika bola masuk langsung ke daerah lawan dengan menggunakan teknik voli dan satu poin jika terkena sentuhan defend sebelum bola memasuki daerah trampolin. Kedua, tim mendapat lima poin jika bola masuk langsung ke daerah lawan dengan menggunakan teknik sepak bola dan tiga poin jika terkena sentuhan defend sebelum bola memasuki daerah trampolin. 

Olahraga bossaball ini sudah dikenal dan dimainkan di berbagai negara. Terdapat kekayaan unsur seni dan olahraga dalam bermain bossaball mulai dari voli, sepak bola, senam, hingga capoiera. Turnamen olahraga ini pun sudah banyak digelar, di antaranya Bossaball World Championships 2009 di Turki, Bossaball World Championships 2013 di Bonaire, dan Bossaball World Championships 2017 di Austria.*CR6
 

n
Penulis
nana sumarna