TOP FOTO
Bali United Jadi Destinasi Wisata Baru Turis Asing
16 Februari 2018 13:42 WIB
berita
Kehebohan suporter yang merupakan wisatawan asing saat Bali United berlaga di Piala Presiden 2018 -- Sri Nugroho
GIANYAR – Perhelatan Piala Presiden 2018 ternyata memang memiliki magnet luar biasa bagi penonton untuk hadir menyaksikan laga kandang Bali United. Tidak hanya bagi para suporter, namun juga bagi masyarakat umum hingga wisatawan. Tidak heran jika pada tiap laga kandangnya, selalu dipadati oleh penonton di tribune Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Namun jika diperhatikan lebih, memang pemandangan berbeda selalu tampak di stadion yang terletak di Gianyar ini. Para penonton yang memadati tribun ternyata tidak hanya suporter Bali atau masyarakat Pulau Dewata saja, namun tidak sedikit pula tampak para wisatawan mancanegara di tribune penonton.

Pemandangan ini menjadi pemandangan yang bahkan sudah dapat dikatakan menjadi hal yang biasa ditemui di stadion ini.  Ternyata, deretan wisatawan mancanegara yang hadir menyaksikan Bali United berlaga tidak datang sendiri. Adalah para guide yang juga suporter Bali United yang sudah membawa para turis asing ini ke stadion.


Baca Juga :
- Bali United Amankan Kemenangan Atas Persipura
- Gol Dianulir dan Penalti Gagal, Bali United Imbang Lawan Persib



TopSkor yang kebetulan berada di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar sebelum laga leg kedua semifinal Piala Presiden 2018 lalu, secara kebetulan menemui seorang guide yang baru saja menurunkan lima turis asing dari mobil untuk membeli tiket guna menyaksikan jalannya laga Bali United versus Sriwijaya FC ini.

“Saya sudah sering membawa turis asing untuk menyaksikan Bali United berlaga. Kebetulan biasanya mereka suka sepak bola sehingga mereka sangat antusias,” ujar seorang guide freelance, Putu Budi Jaya kepada TopSkor.id. Dia mengatakan, ini menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi dia.

Pasalnya, selain juga dapat menyaksikan tim kesayangannya berlaga, Putu juga mengaku senang dapat mempromosikan Bali United sebagai tim lokal Bali. Biasanya, lanjut dia, setelah mempromosikan ada Bali United yang akan bertanding, para turis yang menjadi tamunya langsung merespons positif. 

“Jadi selain bisa menyaksikan Bali United, saya sekalian promosikan Bali United sebagai wisata baru di Bali. Dan tentunya senangnya lagi saya bisa dapatkan uang juga,” ucap pria asal Denpasar ini sambil tertawa. 


Baca Juga :
- Kapten Bali United Bicara Kekalahan dari Borneo FC
- Ketegangan antara Fano dan Spaso Warnai Kemenangan Bali United

Putu juga mengatakan jika hal serupa juga dilakukan oleh rekan-rekannya sesama guide freelance di Pulau Dewata. Mempromosikan Bali United sebagai “objek wisata” baru disebutnya adalah hal yang kini bagaikan hal yang wajib dilakukan. 

Sementara itu, seorang turis asal Inggris, Peter Bradley mengaku penasaran dengan tim Bali United dan atmosfer sepakbola di Indonesia. “Kalau di Inggris sepak bola banyak sekali penggemarnya, termasuk saya. Dan saya ingin tahu juga bagaimana serunya menyaksikan sepak bola di Bali,” terang pria asal Sheffield ini.*

news
Penulis
Sri Nugroho
Penulis adalah penggila sepak bola nasional dan seorang Milanisti. Fotografi dan dunia olahraga menjadi teman keseharian. Penulis juga pecinta kucing dan ikan koi.