ASIAN GAMES 2018
Lompat Galah Indonesia Amankan Satu Emas
13 Februari 2018 18:42 WIB
berita
Atet lompat galah Teuku Tegar Abadi/Foto Inasgoc
JAKARTA - Tiga atlet lompat galah Indonesia menembus final. Idan Fauzan Richsan, Dedi Irawan, dan Teuku Tegar Abadi akan berebut medali emas test event di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Selasa (13/2).

Pada hari ketiga lomba, dari delapan nomor final, Indonesia hanya turun di tiga nomor. Selain lompat galah, Wahyudi Putra yang turun di nomor 5.000 meter putra bersaing dengan pelari Jepang, India, dan Srilanka. 

Di nomor ini, Jepang menurunkan Takanori Ichikawa. Sementara India turun atas nama Lakshmanan Govindan, sedangkan Srilanka menurunkan atlet Pushpalrumara RMS. 


Baca Juga :
- Netizen Bertanya, Menpora Imam Nahrawi Menjawab lewat #TanyaINaja
- Catat, Ini Jadwal MXGP 2018 di Pangkal Pinang dan Semarang



Di antara para pesaingnya, Wahyudi tergolong paling muda dengan usia 20 tahun.  Dua pesaingnya dari Jepang dan India sama-sama berusia 28 tahun.

Satu nomor lagi yang melibatkan atlet tuan rumah adalah di nomor lari 200 meter putri. Ulfa Silpiana dari Indonesia akan bersaing dengan pelari Malaysia Zaidatul Husniah Zulkifli dan pelari India Hima Das. Asal masuk finis saja, pelari Indonesia berusia 21 tahun ini mengantongi medali perunggu.


Baca Juga :
- Erick Thohir: Pengamanan Asian Games 2018 Dilakukan Berlapis
- Aan Raih Lima Trofi dari Arthayasa, Akbar Maulana Berlatih di Jerman

Ironisnya, di nomor lontar martil putra dan lari 5.000 meter putri hanya diikuti satu atlet saja dan otomatis meraih medali emas. Di nomor lontar martil putra, misalnya, atlet Malaysia Siew Cheer Jackie Wong bermain sendirian layaknya sedang latihan.

Begitu juga di nonor lari 5.000 meter putri.  Pelari India Suriya Loganathan memastikan diri meraih medali emas karena tampil sendirian. Nomor-nomor final lain yang tidak melibatkan atlet Indonesia adalah lompat jangkit, lempar lembing putri yang diikuti dua atlet, yakni Srilanka dan Taiwan, dan nomor lari 200 meter putra. *

news
Penulis
Suryansyah