TOP FEATURE OLIMPYC
Pelajaran Kehidupan dalam Trial Bike
12 Februari 2018 04:25 WIB
berita
Syukron Ghony - TopSkor/CR6
Pria bernama Muhammad Syukron Ghony ini mungkin tak banyak dikenal di kampung halamannya di Lamongan, Jawa Timur. Namun, bagi warga Bekasi dan sekitarnya, Syukron sangat dikenal. Menurutnya, dalam olahraga yang digelutinya yaitu Trial Bike mengandung banyak pelajaran dalam kehidupan.
 
Utamanya saat melewati berbagai rintangan yang sulit dengan berbagai macam trik, bekali-kali gagal, sampai berhasil dengan mulus melewati semua rintangan itu. Diibaratkan, kita harus terus berusaha menggapai cita-cita dan tak gentar dengan segala rintangan. Jika sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Syukron yang di jumpai pada event yang diadakan di Bekasi pada Minggu (11/2) sangat antusias menyambut acara yang notabene memperingati ulang tahun kota Patriot itu. Pasalnya, dengan adanya event ini, trial bike bakal dikenal lebih luas oleh masyarakat. Trial bike memang jarang diminati masyarakat saat ini. Indikasinya, sejak masuk pada 2010, jarang sekali ada kejuaraan trial bike.

Pada event yang dilaksanakan bersamaan dengan Car Free Day (CFD) itu perkumpulan Trial Bike Bekasi disuguhi lintasan datar. “Tidak ada masalah jika bermain di lintasan datar. Kita bermain seperti BMX saja. One eighty, front wheel hop, back wheel hop, bunny hop. Paling penghiburnya saat satu penonton tiduran pada lintasan lalu kita lompati,” ujar Syukron.


Baca Juga :
- Berlari sambil Berpikir tapi Naik Podium
- Melawan Arus demi Kesuksesan



Hujan rintik-rintik mulai turun pagi itu. Untuk lebih menghidupkan suasana, penyelenggara acara akhirnya memberikan rintangan untuk para rider agar optimal memperlihatkan kebolehannya. Di sini, Syukron jadi pusat perhatian lewat aksi-aksinya. Dia membuat para penonton berdecak kagum. Dalam acara tersebut turut menghadirkan bintang tamu Raffi Ahmad, Amy Qanita, dan Anwar Sanjaya.

Rider kelahiran 1996 itu mempunyai harapan yang besar untuk trial bike di Indonesia. “Sekarang trial bike sudah diakui oleh ISSI. Harapan saya semakin banyak kompetisi yang diadakan di Indonesia, semakin banyak juga minat untuk bermain olahraga ini,” katanya. “Saya berharap ketersediaan suku cadang untuk trial bike bisa tercapai karena semuanya saat ini masih diimpor.*CR6
 


Baca Juga :
- Lempar Parasut, lalu Terjun Mengejarnya
- Si Cantik yang Merasa Bebas saat Meluncur

Dimulai dari Trackstand
Dasar dari trial bike adalah trackstand. Syukron sangat menganjurkan para pemula yang ingin menggeluti trial bike, harus menguasai ini terlebih dahulu. Trackstand adalah teknik berdiri di atas kedua pedal sambil memegang setang. Posisinya diam untuk jangka waktu lama. Dengan trackstand, keseimbangan tubuh pun tercipta sehingga berbagai trik bisa dikuasai dengan lebih mudah.


 

n
Penulis
nana sumarna