MOTOGP
Moto E Resmi Diperkenalkan MotoGP, Wow Makin Enak Dipacu
06 Februari 2018 20:45 WIB
berita
Foto: Crash
ROMA - Anggota keluarga MotoGP sepertinya akan bertambah. Itu setelah Dorna, organisasi pemegang hak komersil MotoGP, memperkenalkan ajang Moto E secara resmi di Roma.

Kelas elektrik dari MotoGP ini akan menjalani musim debutnya pada tahun 2019. Energica ditunjuk sebagai pemasok mesin motor untuk Moto E. Sebanyak 18 rider akan membalap menggunakan motor yang identik hasil buatan Energica.

Eks pembalap MotoGP, Loris Capirossi, yang juga membantu pengembangan mesin dan sempat mencoba motor Moto E, mengatakan bahwa Moto E adalah ajang yang berbeda dengan MotoGP.


Baca Juga :
- Perpanjang Kontrak di Ducati, Dovizioso Tak Ambil Pusing Soal Jorge Lorenzo
- Marquez dan Dovizioso Kuasai Latihan Bebas MotoGP Prancis 2018 Hari Pertama



"Ini (Moto E) beda. Saya baru saja mencoba motornya untuk pertama kali dan apa yang keluar di benak saya adalah 'wow, motor ini benar-benar enak dipacu'," tutur Capirossi.

"Sekarang, olahraga motor sudah memasuki fase awal dari perkembangan yang manusia ciptakan. Kami sudah berada dijalan menuju kemajuan."

Ajang Moto E akan menggunakan nama resmi 'FIM Enel MotoE World Cup'. Motor Moto E sendiri memiliki kecepatan maksimum sampai 250 kilometer per jam, 147 tenaga kuda, dan bisa mencapai kecepatan dari 0 sampai 100 kilometer per jam dalam waktu tiga detik saja.


Baca Juga :
- Hasil MotoGP Spanyol 2018: Marquez Juara, Rossi Kelima
- 3 Pembalap Penting Jatuh, Marquez Juara MotoGP Spanyol 2018

Berat motor juga akan lebih ringan ketimbang motor MotoGP umumnya. Karena menggunakan tenaga baterai, jika diisi ulang, baterai dari motor Moto E bisa diisi ulang dalam waktu 30 menit, dari sampai 85 persen.

Suara mesin Moto E juga diperkirakan tidak akan berisik layaknya mesin motor MotoGP. ***

M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah